Saturday 30 January 2016

Sepuluh tahun yang lalu, untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Ibu kota Jawa Tengah, Semarang. Kala itu dengan hati riang saya tapaki jalanan yang masih lengang untuk kemudian merinding disko di tempat yang agak horor yaitu Lawang Sewu, diteruskan dengan makan es campur di Pasar Johar, lalu berkeliling di kota tua, untuk kemudian nongkrong sejenak di Stasiun KA dan diakhiri dengan membeli oleh oleh yang entah dimana. Semua itu diselingi dengan kepala pusing tujuh keliling karena misorientasi puter puter di tempat yang sama dengan heroiknya.

Semarang kaya akan kuliner khasnya, diantaranya adalah lumpia, wingko babat, tahu gimbal, tahu baso, bandeng presto, sampai roti yang namanya aneh yaitu roti ganjel rel. Selain makanan yang saya sebutkan diatas, Semarang juga terkenal dengan sebuah olahan teman makan nasi yaitu Mangut Ndas Manyung alias Kepala ikan Manyung yang di bumbu mangut. Ikan Manyung yang digunakan adalah ikan Manyung yang telah di asap dahulu. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan Manyung adalah ikan yang biasanya di olah menjadi Asin Jambal Roti. Saya sendiri belum pernah mencicipi mangut ikan Manyung ini. Kemarin tertarik membuatnya karena request pak suami yang belum lama ini melihat proses pengolahannya di acara Jejak si Gundul. Penampakannya yang menggairahkan dengan menggunakan cabai rawit satu ton haha membuat keinginan untuk menyantap mangut semakin berkobar kobar.

Nah, berhubung di Pasar gak ada ikan Manyung, digantilah dengan ikan Tenggiri. Saya pilih tenggiri karena mempunyai daging yang lembut dengan rasa yang menurut saya paling enak lah diantara ikan laut lainnya.

Bumbu mangut sangatlah sederhana, gak perlu banyak usaha untuk membuat sebuah menu mangut. Mangut lainnya yang terkemal adalah mangut lele.

Bahan :
500 gr ikan Tenggiri, bersihkan, beri air jeruk nipis, diamkan 10 menit, cuci kembali lalu goreng kering
1500 ml santan
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 cm lengkuas, geprek
1 buah tomat merah/hijau
2 buah cabe hijau, iris serong
Garam secukupnya
Penyedap (optional)

Bumbu halus :
50 gr cabe rawit atau.sesuai selera
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 cm kunyit
1 cm kencur

Cara membuatnya :
Tumis bumbu halus, daun salam, lemgkuas dan daun jeruk sampai wangi, masukan ikan, aduk rata, masukan santan, beri garam, tes rasa. Masukan tomat dan cabe hijau, adu rata sampai mendidih. Angkat.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment