Tuesday 19 January 2016


Sambal terasi memang enak di campur dengan apa saja, mulai dari teri jengki, teri medan, teri nasi, udang, asin jambal roti dan lain sebagainya.

Kali ini saya mencampur sambal terasi dengan cumi asin.
Cumi asin ini kadang rasanya asin sekali, namanya juga cumi asin hihi. Nah, untuk mengurangi kadar keasinannya, remdamlah di dalam air panas kurang lebih15 sampai 30 menit saja, gak perlu sampai 2 x 45 menit, takut berubah jadi bola. Karena sifatnya yang emosional meledak ledak kayak lemparan granat, maka untuk menggoreng cumi asin kita harus meminjam perlengkapan milik mamang Thor yaitu helmnya, ditambah perisainya Kapten Amerika. Lebih bagusnya lagi, pinjem outfitnya Iron Man. Tapi bila sekiranya ngerasa gak bakalan di kasih pinjem mah, gampang aja kok. Goreng cumi asin dengan api kecil, tutup wajan dengan tutup panci kaca, agar suasana di dalamnya dapat di pantau terus menerus tanpa harus mematikan kompor dan buka tutup wajan.

Pilihlah cumi asin yang ukurannya kecil, karena akan lebih mudah kering plus gak terlalu mengingatkan kita kepada si squidward yang kadang ngeselin tapi juga kadang ngangenin.

Prinsipnya sih cuma bikin sambal terasi lalu masukan cumi yang telah digoreng kering itu. Aduk rata, beres. Saya sendiri suka nya bila si sambal telah dihangatkan berkali kali karena tekstur cuminya jadi rada empuk dan alot alot gimanaa gitu.

Bahan Sambal :
Cabai domba
Cabai keriting
Bawang merah
Bawang putih
Tomat, buang isinya
Terasi bakar
Gula merah
Garam

Semua bahan kuantitasnya dikira kira sesuai selera. Rebus cabai, bawang dan tomat. Haluskan, masukan.terasi, gula dan garam. Panaskan minyak, tumis sambal, masukan cumi yang telah di goreng kering. Aduk sebentar, angkat.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment