Wednesday 20 January 2016

Saya mempunyai seorang teman. Teman saya ini asalnya dari Bukittinggi. Kalo denger lagu Chikita Meidy, cie duo tigo belajar menghetong, saya selalu teringat kepadanya. Karena dialah yang memperkenalkan lagu anak anak itu kepada saya dengan meminjamkan kasetnya. Ah, lagu yang benar benar enakeun, gak kalah sama lagunya si akang peder. Selain itu teman saya ini meluluh lantakan penggunaan e pepet dan e taling dengan kata

"tower" nya. Dan tiap kali saya melihat tower, saya pun langsung teringat kepada nya. Teman saya ini juga pernah bikin kheki, dimana dia kuliah dengan jeans bolong yang segede lobang galian telkom gak diusir keluar. Sementara saya yang pake sendal harus hengkang. No offense, ya lemp.

Ngomongin Bukittinggi, gak akan bisa lepas dengan olahan makanan yang rasanya nendang semua itu. Menurut saya, masakan padang adalah masakan yang lemak nian. Bumbu rempah yang tajam ditambah santan yang kental adalah perpaduan yang sempurna, selalu membuat liur meleleh kemana mana.

Selain rendang, dendeng batokok adalah salah satu masakan yang gak bisa di pandang sebelah mata. Dendeng ini terbuat dari daging sapi yang direbus dengan bumbu lalu di tokok atau di pukul pukul sampai pipih.

Belum lama ini, saya agak terkecoh dengan judul salah satu tempat makan di sekitaran Dago yang namanya dendeng batokok. Tadinya saya mengira tempat ini adalah spesialis dendeng batokok yang di jual pak pak an seperti halnya yang dulu sering saya beli dari seorang kolega di sekitaran Pasar Baru. Dengan semangat 45 masukin tempatnya, ternyata tempat itu adalah Rumah makan padang biasa. Pas di tilik tilik plangnya, ternyata memang ada tulisan rumah makannya, tapi kecil banget haha.

Hari ini bertekad bulat, sebulat bola pingpong, dibuatlah sang dendeng.

Bahan :
500 gr daging sapi kualitas bagus, diiris lebar dengan ketebalan 1/2 cm.
400 ml air

Bumbu halus :
2 sdm ketumbar
1 sdt merica
2 cm jahe
2 cm lengkuas
8 siung bawang putih
Garam

Cara membuatnya :
Lumuri irisan daging dengan bumbu halus, diamkan 15 menit.
Tambahkan air lalu ungkep daging dengan api kecil selama 30 menir. Dinginkan, lalu di pukul pukul atau di tokok. Panggang sampai kering atau dapat pula di goreng hingga kering.

Sambal Merah
Bahan :
200 gr cabe keriting
4 buah tomat
2 siung bawang putih
8 siung bawang merah
Garam dan gula.

Cara membuatnya :
Rebus bahan, lalu tumbuk kasar lalu di tumis.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment