Wednesday 27 January 2016


Saya adalah penyuka peuyeum peuyeuman, entah itu peuyeum singkong atau peuyeum ketan. Bagi saya peuyeum adalah sebuah mahakarya kuliner yang emejing banget, terlebih lagi si peuyeum ketan hitam. Cita rasa manis asam dan aroma menyengat dari hasil fermentasi yang di bantu ragi itu adalah sebuah daya tarik yang gak bisa di nafikan begitu saja.

Kali ini saya gak akan ngomongin peuyeum ketan, melainkan temannya yaitu peuyeum singkong.
Peuyeum singkong atau kerap di sebut tape singkong ini dapat di olah menjadi beberapa olahan makanan kecil seperti colenak, kue apem, bolu tape atau yang saya buat kali ini yaitu proll tape. Kabarnya proll tape ini adalah makanan khas dari daerah Jember, yang mana baru saya ketahui kemarin ini hihi.

Dulu saya pernah membuat proll tape tapi teksturnya mirip dengan bolu. Untuk percobaan kali ini, berbekal resep nya Mbak Hesty, akhirnya saya mendapatkan tekstur proll tape yang saya bayangkan selama ini. Padat tapi lembut, semirip dengan bolu koja.

Bahan :
300 gr tape singkong
75 gr gula
1/2 sdt garam
3 butir telur, kocok lepas
70 gr terigu
100 ml susu cair
50 gr margarin leleh
1 kuning telur untuk olesan
Keju parut.

Cara membuatnya :
Tape singkong, gula dan garam di remas remas sampai gula larut. Tambahkan telur, remas remas kembali. Tambahkan terigu, susu, margarin, aduk rata. Saya menggunakan mixer, kecepatan rendah. Olesi loyang dengan margarin, kertas roti, margarin. Tuang adonan lalu panggang 20 menit, keluarkan dari oven. Olesi kuning telur, tabur keju. Panggang lagi sampai matang.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment