Wednesday 30 September 2015

Salah satu resto Jepang yang masih bertahan dan semakin berkembang hingga saat ini adalah Hoka Hoka Bento yang kerap di singkat menjadi hokben. Saya lebih suka mengajak Tombak ke tempat ini dibandingkan ke resto resto siap saji lainnya. Karena selain menunya variatif, mereka menyempilkan salad sebagai pelipur lambung yang lara, bukan nama depannya croft nya :D.

Kebetulan kemarin, teman sepenanggung sependeritaan ketika jaman jamannya naik damri dulu membagikan postingan resep tentang chicken egg roll di lini masanya. Lalu terbersitlah ide untuk membuat menu simple set teriyaki ala hokcay eh hokben. Simple set teriyaki ini terdiri dari nasi putih, egg chicken roll, chicken teriyaki, salad, saus sambal dan mayones.

EGG CHICKEN ROLL

Bahan isi :
500 gr fillet dada ayam cincang.
2 butir putih telur
5 siung bawang putih haluskan
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1/2 sdm tepung maizena
1/2 sdm tepung tapioka
1 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica
2 sdm minyak goreng

Campurkan semua bahan, simpan dalam kulkas. Tes rasa dengan direbus atau goreng sedikit.

Bahan kulit :
3 butir telur ayam ditambah dua butir kuning telur dari sisa bahan isian.
150 ml air
1/2 sdt garam
4 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdm margarin lelehkan

Campur terigu dan telur, beri garam, masukan air sedikit demi sedikit, tambahkan margarin, aduk rata. Bila perlu saring. Buatlah dadar di Teflon ukuran 18 cm.

Setelah dadaran selesai, isi dengan bahan isian tadi, gulung, lalu kukus di dalam dandang yang telah dipanaskan terlebih dahulu, kukus selama kira kira 20 - 30 menit, angkat. Setelah dingin, potong menyerong dan goreng di minyak panas sampai kuning keemasan.

CHICKEN TERIYAKI

Bahan :
300 gr fillet dada ayam, potong dadu, lumuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan sebentar, bilas.
1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
1 buah paprika, iris.
1 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.
1 sdm margarin

Bumbu :
2 sdm kecap asin
1 sdm gula jawa
1 sdm kecap manis
2 cm jahe haluskan
1 sdt cuka
Merica hitam atau putih juga gapapa asal jangan belang aja, itu mah kuda zebra heuheu.
200 ml air

Campur semua bumbu, rendam ayam disana ala kuda nil berendam di kubangan, diamkan 30 menit di kulkas.
Nah, Bila sekiranya dengan bumbu diatas jalan terasa panjang dan melelahkan, kita dapat menggunakan bumbu saus teriyaki milik saori. Caranya 2 sdm saus teriyaki di campur dengan garam, gula, merica, jahe halus dan air.

Setelah 30 menit di dinginkan, saatnya memasak chicken teriyakinya.

Panaskan margarin, tumis Bawang bombay dan paprika sampai harum. Masukan ayam yang telah berkubang tadi, aduk rata. Tuang air rendaman ayam, masak sampai matang, bila suka manis, tambahkan kecap manis lagi. Tuang larutan maizena, aduk rata, masak sebentar, angkat.

Setelah selesai, saatnya menyiapkan salad. Parut kasar wortel dan kol, rendam di air yang telah di beri sedikit cuka selama 5 menit, tiriskan.

Untuk nasinya, saya menggunakan 1 bungkus agar agar bening untuk 500 gram beras. Selain menjadi kaya akan serat, nasi pun seperti layaknya kloningan beras jepang yang harganya selangit.











posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment