Tuesday 8 September 2015

Lega hati ini, air sudah mengalir walau tidak sampai jauh dan akhirnya ke laut. Sesuai sabda pak poni, setelah komplen berkali kali, akhirnya kabel optik kini sedang memasuki proses instalasi. Setelah lega hati dan pikiran, kini marilah membuat lega jajaran lambung dan sekitarnya dengan olahan ikan patin.

Ikan patin bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Bisa di sop, pindang, balado, asam manis, garang asam dan lain sebagainya. Nah kali ini saya mengolahnya dengan memakai bumbu kuning. Ditambah blimbing wuluh pasti bakal nendang rasanya, tapi berhubung blimbing wuluh nya gak ada saya ganti dengan air asam jawa.

Bahan :
1 ekor ikan patin ukuran besar, potong potong sesuai selera, bersihkan, lumuri air jeruk nipis, diamkan, bilas, goreng kering.
10 buah cabai rawit
1 buah tomat hijau potong potong
1 buah tomat merah potong potong
3 lembar daun jeruk perut
1 batang daun bawang
1 batang serai geprek
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas geprek
2 sdm air asam jawa

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 cm kunyit
3 butir kemiri
Garam dan gula secukupnya

Minyak goreng untuk menumis
Air secukupnya

Cara membuatnya :
Tumis bumbu halus sampai harum, masuk kan salam, serai, daun jeruk, lengkuas, air asam, aduk rata. Masuk kan ikan patin goreng, aduk, beri air, masak sampai bumbu meresap. Masuk kan tomat, cabai rawit dan daun bawang. Aduk sebentar lalu angkat dan sajikan.
posted from Bloggeroid


0 comments:

Post a Comment