Monday 28 September 2015

Dulu jaman jamannya masih kerja, seorang teman kerap membawa bronkus Amanda yang sedang ada dalam puncak ketenarannya. Bayangkan, beli bronkus kok ngantrinya kayak antrian beli formulir UMPTN, emejing. Tapi itu juga katanya deng, soalnya belum pernah lihat dengan mata kepala sendiri juga sih, ah jadi malu. *pasang kecemete cengdem.

Tapi kini resep yang banyak malang melintang di dunia percakean adalah resep bronkusnya Ny. Liem. Rasa dan teksturnya mirip mirip lah ya. Kali pertama membuat bronkus ini, permukaannya bergelombang, ternyata itu dikarenakan dua hal, api yang terlalu besar atau terlalu banyak space kosong di dalam langseng/pengukusnya.

Setiap orang yang cinta dengan dunia adonan pasti bisa mengeksekusi resep inI dengan gemilang. Saya tulis kembali resepnya, maklum duo jempol belum banyak berolahraga hari ini.

Bahan 1 :
6 butir telur suhu ruang
225 gula pasir, blender sampai menjadi tepung.
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
1 sdt emulsifier

Bahan 2 :
125 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
campur dan ayak

Bahan 3 :
175 ml minyak goreng atau butter leleh
100 gr dark cooking chocolate lelehkan, lalu campurkan dua bahan ini.

Bahan 4 :
75 ml susu kental manis coklat

Cara membuatnya :
Panaskan langseng, bungkus tutupnya dengan lap bersih. Olesi loyang dengan margarin, beri alas kertas roti, oles lagi dengan margarin.

Campur dan kocok Bahan 1 hingga kental berjejak, masukan Bahan 2 sedikit demi sedikit, bisa menggunakan mixer kecepatan rendah atau dengan spatula, aduk sampai rata. Tuang Bahan 3, aduk balik.
Ambil 100 gram adonan campur dengan Bahan 4.
Tuang 1/2 bagian sisa adonan ke loyang, kukus 10 menit. Tuang adonan Bahan 4, kukus 5 menit. Masukan adonan sisanya, kukus 30 menit atau sampai matang, tes tusuk.





posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment