Tuesday 15 September 2015

Chicken Nugget adalah salah satu makanan favorit anak anak. Tak heran banyak produsen chicken nugget yang menyajikan olahan ayam itu dengan bentuk bentuk yang di sukai anak anak, dari serial binatang purba sampai bentuk alpabet.

Sekarang banyak ibu yang lebih memilih membuat chicken nugget nya sendiri, untuk menghindari bahan pengawet dan pewarna buatan.

Saya mendapatkam resep chicken nugget ini dari blog nya mbak Diah Didi. Saya menyebut olahan ini sebagai chicken nugget ekonomis, karena tidak pakai susu evaporated, roti tawar, keju, dan oregano.

Bahan :
300 gr dada ayam, blender atau cincang halus
1 butir telur
60 gr tepung sagu/tapioka
50 ml air es
1 sdt kaldu ayam bubuk (optional)
1/4 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt gula pasir
Garam secukupnya

Pelapis :
100 gr terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur
Tepung panir

Cara membuat :
Campur semua bahan dan bumbu, aduk rata. Tes rasa dengan menggoreng adonan sedikit, bila rasa telah pas, tuang adonan ke dalam loyang yang telah di alasi plastik tebal dan dioles dengan minyak. Kukus sampai matang kurleb 30 menitan. Setelah matang, angkat, potong atau cetak sesuai selera. Gulingkan ke terigu, telur kocok lalu ke tepung panir. Simpan di kulkas kurleb 15 menit agar tepung panir menempel kuat. Goreng di minyak panas api sedang sampai kecoklatan.

Chicken nugget ini enak di makan bersama saus sambal dan mayonaise. Dapat pula menjadi teman makan nasi.


posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment