Monday 5 October 2015

Gak mau rugi adalah membuat soto ayam untuk dihidangkan dua kali, saat malam dan pagi hari.

Kuah Soto ayam yang enak itu di hasilkan dari kaldu daging ayam kampung. Untuk jaman sekarang mendapatkan ayam kampung itu harus rada usaha. Dulu waktu saya kecil, nyari ayam kampung mah gampang, tinggal tengok dalam kandang, lha wong miara sendiri. Kalo sekarang mah harus pesen dulu, soalnya mau ngembat ayam tetangga kan dosa. Ada sih yang jual di pasar, tapi harus blusukan an dan tahan sama bebauan tujuh rupa waktu nungguin sang ayam di eksekusi di tempat itu juga. Horor.

Nah, kebetulan kemarin pak bendahara erte sebelah yang buka warung mau dititipi. Jadi soto ayam pun akhirnya menari nari di kuali.

Bikin soto ayam mah gampang, apalagi sekarang ada bumbu instan yang di keluarkan oleh salah satu perusahaan olahan makanan terkemuka. Tapi kan gak ada tatangannya kalo pake yang instan, tinggal gebras gebrus gak usah pake mikir segala.

Nah, katanya bikin kaldu ayam yang lezat itu dapat dilakukan dengan merebus daging ayam dengan api kecil dalam rentang waktu yang agak lama. Tapi berhubung saya pengguna panci presto garis keras maka membuat kaldu ayam ya gak pake lama. Begitu pula dengan membuat bubur, cukup 5 menit saja. Saya membuat bubur dari dua centong nasi kemarin yang diberi beberapa gelas air dan dibubuhi daun salam plus garam.

Soto ayam akan terasa lengkap bila di bubuhi bubuk koya. Bubuk koya ini di dapat dari perpaduan antara kerupuk udang dan bawang putih goreng yang ditumbuk halus. Ada juga sih yang pakai kacang kedelai goreng.

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong jadi beberapa bagian, gosok dengan garam kasar, bilas, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar, bilas.
2 lembar daun salam
3 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
2 liter air

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 sdt merica
3 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit
Garam dan gula secukupnya.

Pelengkap :
Taoge, kol dan soun di seduh
Telur rebus
Daun bawang iris halus
Bubuk koya

Cara memasaknya :
Rebus ayam dalam panci presto, pisahkan daging ayam dan kaldunya. Goreng daging ayam lalu di suwir.
Tumis bumbu halus beserta serai, daun salam, dan jahe, masukan air kaldu, masak sampai matang.
Siapakan mangkuk saji, atur bahan pelengkap dan suwiran daging ayam, banjur dengan kuah soto. Bubuhi koya. Sajikan dengan sambal cabai rawit rebus.

Untuk bubur soto, bahan pelengkap yang dipakai telur rebus, daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng. Jangan lupa suwiran daging ayamnya.






posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment