Friday 30 October 2015

Kemarin ini sahabat pulang nikreuh saya dulu, membagikan resep bernama cassarole kentang keju. Kebetulan juga kemarin secara iseng saya megukus kentang untuk entah di bikin apa. Jodoh memang gak bakalan lari kemana.

Sebenarnya agak jengah juga dengan judul yang di sematkan pada olahan makanan versi saya. Karena saya sama sekali gak menyajikan casserole kentang keju di meja barengan dengan tempatnya ketika ia di panggang. Kata orang perancis, cassarole itu merujuk kepada suatu alat seperti pan yang berfungsi untuk memanggang sekaligus menghidangkan makanan di meja. Cassarole saya gak menggunakan pinggan tahan panas yang cukup cantik untuk di taruh di meja, karena memang gak punya, ah desperado sekali.
Jadi saya menggunakan loyang brownies dengan dilapisi alumunium foil saja.

Bahan :
300 gr kentang kukus, kupas, dibejek bejek sampai hancur
1 buah wortel, kukus, potong dadu
1 buah jagung manis, kukus, pipil
150 gr daging sapi giling
1 sachet susu bubuk dilarutkan dalam 50 ml air
2 sdm terigu
1 buah kaldu blok
1 buah bawang bombay
2 siung bawang putih
Garam, merica, dan pala secukupnya
Keju cheddar, bisa di.Campur atau hanya sebagai topping saja. Di resep asli topping nya memakai keju melt, kayaknya mozarella lebih dahsyat hasilnya ya
1 sdm butter

Cara membuat :
Panaskan butter, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukan daging giling, aduk sampai berubah warna. Masukan kentang dan sayuran, kaldu blok, susu, terigu, garam, merica dan pala. Aduk rata. Angkat.
Siapkan pinggan tahan panas, masukan.adonan, taburi keju parut, panggang 20 menit sampai matang.


posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment