Wednesday 4 November 2015

Bandung mungkin adalah salah satu daerah penghasil tahu yang patut di perhitungkan di dalam kancah pergaulan kuliner nasional. Betapa tidak, banyak sekali varian dan merk tahu yang telah sangat dikenal oleh masyarakat pecinta olahan makanan berbahan dasar kedelai itu yang berasal dari daerah ini.
Sebut saja tahu Cibuntu yang sangat mahsyur itu. Dari jaman saya kecil, tahu Cibuntu dikenal sebagai primadonanya tahu kuning. Rasanya yang gurih, teksturnya yang lembut dengan warna kuning yang di dapat dari kunyit asli adalah ciri khas dari tahu ini.

Tahu dengan nama kondang lainnya adalah tahu asli lembang yang bermerk Tauhid. Tahu ini enak.sekali dinikmati baik dalam keadaan matang digoreng atau mentah sekalipun.
Ada lagi tahu Yunyi. Tahu ini mempunyai banyak penggemar garis keras, sehingga tak heran bila ada batagor dan baso tahu spesialis tahu Yunyi, dan rasanya memang hanya bisa dilukiskan oleh lidah.

Di Pasar tradisional yang kerap saya kunjungi, ada lebih banyak lagi varian dan merk yang beredar dari makanan yang ditemukan oleh Liu An, seorang bangsawan asal China yang hidup di jaman dinasti Han ini.
Ada tahu putih, tahu sutra, tahu mentega, tahu susu, tahu telor sampai tahu keju. Dari yang bermerk nama seorang wanita yaitu Shusan sampai dengan merk yang lebay yaitu jablay. Rupa rupa lah pokoknya. Dari yang harganya 4500 sampai 12000 per pak nya. Tapi yang pasti di Pasar ini saya sudah tidak menjumpai lagi tahu yang rasanya asem asem gimana gitu.

Ada juga tukang tahu yang beredar dari rumah ke rumah, dua sampai tiga penjual motoris yang hilir mudik sesuai dengan jadwalnya. Salah satunya adalah tahu merk ABG yaitu singkatan dari Asik Banget Gila, tahu cibuntu yang pemasarannya dilakukan di Jalan Sukarno Hatta. Tapi entah karena ada konflik atau apa, akhirnya merk itu tidak digunakan lagi.

Nah, kali ini saya mencoba olahan tahu yang belum pernah saya buat sebelumnya yaitu Rollade tahu isi sosis yang di adaptasi dari resepnya mbak Diah Didi. Tapi saya ganti udang nya menjadi daging ayam.

Bahan :
250 gr tahu kuning atau putih
150 gr daging ayam giling
1 butir telur
2 siung bawang putih
1 batang daun bawang, iris
Wortel serut kasar sesukanya, di kira kira aja
Merica dan garam secukupnya
3 buah sosis atau bisa diganti dengan wortel
Daun pisang atau alumunium foil

1 butir telur untuk celupan

Cara membuatnya :
Haluskan bawang putih, merica dan garam.
Campurkan dengan tahu yang telah dilumat dan daging ayam giling. Masukan telur, wortel, dan bawang daun iris, aduk sampai menyatu semua bahan. Tes rasa dengan menggoreng sedikit adonan. Siapkan daun pisang, beri adonan, ratakan, beri sisipi sosis, tutup. Kukus 20 menitan. Setelah dingin, potong potong, celup ke telur kocok, goreng di minyak panas sampai agak kecoklatan.




posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment