Monday 16 November 2015

Wings, banyak hal berkaitan dengan kata ini. Sebut saja sabun colek, begitu menempelnya kata wings pada sabun colek, maka ketika mereka mengeluarkan produk mie instan, jadi berasa seperti makan sa.. eh hihi. Ada lagi Wings yang berupa band dari negeri tetangga, dengan lagu nya yang lumayan tenar berjudul "Sejati". Wings yang ini, dulu sempat mengharu biru dunia permusikan Indonesia bersanding dengan konco lainnya seperti Search dan Iklim.

Wings juga merupakan sebuah judul serial sitkom yang dulu pernah di putar di salah satu televisi swasta kita. Di bintangi oleh teman duet nya Peter Cetera, yaitu Chrystal Bernard. Lain lagi dengan para peserta didik AAU, sebuah Wing akan di sematkan bila telah melakukan 4 kali terjun siang, 1 kali terjun malam dan 2 kali terjun tempur dengan gemilang. Belum lama ini, ada siswa yang naas, landing di atas pohon di lokasi sekolahan Tombak. Sudah nyangkut eh pake di carekan juga, ckckck, karunya.

Kalo di makanan, apa kabar nya Wings? Baik baik saja kan hihi. Dalam dunia kuliner, kata wings melekat erat dengan olahan ayam, di mana sayap di punyai oleh para ayam hihi. Salah satu nya adalah olahan sayap ayam ala resto Richesse yang kondang itu, yaitu Fire Wings. Kenapa ada fire nya? Karena kepedasannya menimbulkan rasa panas bak menelan api, kata nya itu juga, da saya mah belum pernah nyobain, takut bertransformasi jadi Naga kalo makan itu. Resep Fire Wings sendiri sudah malang melintang di dunia perdapuran.dengan berbagai varian bumbu. Ada yang memakai dedaunan seperti basil, oregano dan rosemary, ada juga yang hanya memakai saus barbeque. Tapi pada dasarnya tujuannya sama, yaitu menghasilkan rasa yang pedas, asam, manis dan gurih.

Fire Wings saya mah memakai resep yang ini.

Bahan :
500 gr sayap ayam, potong dua. Saya hanya menggunakan bagian atas nya saja, karena Kabarnya bagian sayap ayam sisanya itu adalah tempat di mana ayam di injeksi hormon biar cepet gede.
2 sdm air jeruk lemon

Bahan pencelup :
2 putih telur kocok lepas
1 sdm air

Bahan perendam :
1/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt chicken powder
2 sdm olive oil atau minyak sayur biasa

Tepung pelapis :
250 gr terigu protein sedang
50 gr maizena
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt chicken powder
1/2 sdt cabe bubuk atau paprika bubuk, bila ingin lebih pedas, bisa di tambah lagi.

Saus :
1/2 butir Bawang bombay
6 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1 sdm kecap
3 sdm saus barbeque
1 sdt gula
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

Cara membuatnya :
Baluri ayam dengan air jeruk lemon, diamkan 15 menit, bilas.

Campur bumbu perendam, masukan ayam, aduk rata sambil di remas remas. Masukan kulkas selama 1 jam atau bila ingin lebih meresap seharian.

Campur tepung pelapis. Gulingkan ayam ke dalam tepung lalu celupkan ke bahan pencelup, gulingkan ke tepung lagi, tepuk tepuk.
Goreng dalam minyak panas yang banyak sampai kecoklatan.

Saus :
Tumis bawang bombay sampai harum, masukan saus tomat, saus sambal, saus barbeque dan kecap. Angkat dinginkan lalu di blender. Panaskan kembali saus di pan anti lengket, tambahkan gula, garam, dan merica. Angkat. Masukan ayam ke dalam saus, aduk dan sajikan.


posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment