Monday 23 November 2015

Bila mendengar kata karamel, saya langsung teringat saat saya mengikuti latsardis di Pangalengan 20 tahun yang lalu. Saat itu, seorang teman memberi sebiji permen karamel susu khas Pangalengan yang rasanya enaaaak banget. Maklum lah, makanan lain nya kan tahu sendiri gimana rasanya.

Permen karamel susu khas Pangalengan sendiri telah ada sejak tahun 80 an. Permen berwarna coklat itu di olah dengan menghabiskan waktu sekitar 10 jam an. Sungguh waktu yang sangat panjang dan lama.

Selain permen karamel, ada juga olahan kue yang menggunakan karamel sebagai bahan dasarnya, yaitu bolu karamel. Kemarin ini menemukan resep bolu karamel rasa bika Ambon yang membuat penasaran. Bagi saya yang amatiran, membuat karamel adalah pekerjaan yang sangat berat. Karena membuat karamel itu rasanya sama dengan ngerjain soal UAS pake acara SKS alias sistim kebut semalam. Kalo berhasil alhamdulillah, kalo jeblok ya alhamdulillah juga lah, yang penting udah usaha hihi.
Karamel pertama saya, hasilnya hitam karena gosong dengan rasa pahit yang menyengat. Saat itu juga langsung down, rasanya kayak cinta bertepuk sebelah sendal pokoknya. Tapi sebuah iklan menyadarkan saya bahwa pada dasarnya tak ada perjuangan yang sia sia, maka saya pun kembali menyingsingkan lengan baju untuk membersihkan selokan, eh salah untuk membuat karamel ronde ke dua, teng teng!

Akhirnya karamel di dapat, lalu mulailah mempersiapkan peralatan perang lainnya.
Setelah pak pik puk hampir dua jam, akhirnya si bolu karamel pun jadi. Bolu nya gak tinggi karena loyangnya kebesaran. Dan setelah di belah, teksturnya gak terlalu nyarang (sarang) semut, mungkin lebih dekat ke sarang penyamun, eh itu mah roman nya STA ya, Anak perawan di sarang penyamun hihi.

Bahan :
200 gr gula pasir
200 ml air panas
75 gr tepung terigu
25 gr tepung tapioka
1 sdt soda kue
1/4 sdt garam
1/2 sdt Baking powder
3 butir telur Kocok lepas
50 gr margarin leleh
75 ml SKM putih
4 lembar daun jeruk buang tengahnya
1 batang serai memarkan

Cara membuatnya :
Panaskan gula, daun jeruk dan serai dengan api kecil sampai cair kecoklatan.
Tuang air panas, rebus sampai karamel larut, dinginkan, saring, ukur 250 ml.
Siapkan loyang, oles margarin tabur terigu, sisihkan.
Ayak terigu, tapioka, soda kue, baking powder, dan garam.
Kocok lepas telur dan masukan campuran tepung sedikit demi sedikit bergantian dengan karamel, aduk. Masukan margarin leleh dan SKM, aduk rata lalu saring. Tuang adonan ke loyang, diamkan 30 menit. Panggang 45 sampai 60 menit.





posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment