Thursday 26 November 2015

Suatu hari saya pernah melihat banner iklan susu kambing Etawa. Karena rabun, jadi salah baca, saya kira susu kambing ketawa. Kebayang pas di perah susunya, kambingnya ketawa ketiwi kayak sedang lihat stand up comedy. Ternyata kambing yang berasal dari India itu memiliki susu dengan berjuta manfaat dengan kualitas satu tingkat di bawah ASI.
Saya tidak tahu bagaimana keadaan daging kambing etawa apakah sama prengusnya dengan daging kambing lokal.

Daging kambing paling enak di olah menjadi sate atau gulai. Saya kerap memakan beberapa tusuk sate kambing ketika mengalami hipotensi. Tak berapa lama Setelah makan sate kambing, kepala yang tadinya berasa di pukul pukul dengan palunya mamang Thor, terasa lebih ringan.

Selain sate dan gulai, daging kambing enak pula di olah menjadi nasi kebuli. Nasi kebuli adalah olahan nasi yang terkenal di masyarakat betawi keturunan Arab. Untuk membuat nasi kebuli di butuhkan sebuah bahan yang bernama garam masala. Garam masala yang banyak terdapat di masakan India itu adalah bumbu yang terbuat dari berbagai macam rempah. Agak susah mendapatkan.garam masala, tapi jangan berkecil hati karena kita bisa membuatnya sendiri, yaitu dengan menumbuk jadi satu kayu manis, lada hitam, jintan, cengkeh, ketumbar, kapulaga dan biji pala. Dapat pula di tambahkan adas dan jintan hitam.

Disarankan memakai daging kambing muda, karena akan cepat empuknya. Tapi da saya mah pengguna panci presto garis keras, jadi mau daging tua, muda, miskin, kaya, semua masuk ke presto.
Daging kambing yang membuat saya terpesona karena harganya ini, saya potong kecil kecil lalu direndam sebentar dengan parutan nanas, baru di presto selama 10 menit.

Bahan :
500 gr daging kambing yang telah di potong di rebus dengan bumbu halus yang terdiri dari 1 sdm Bawang merah, 1/2 sdm bawang putih, 1/2 sdm ketumbar dan garam.

Bahan yang di iris :
2 buah bawang bombay
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan utuhan:
1 batang kayu manis
7 buah cengkeh
5 buah kapulaga
2 buah bunga pekak

Bumbu halus :
3 ruas jari jahe
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm Merica
3 sdm garam masala
1 sdm bumbu kari
Susu cair, santan kental, kaldu kambing
Garam
Penyedap (optional)
2 sdm Minyak samin
1 sdm Margarin
1 kg beras, cuci bersih.
Kacang mede dan kismis (optional)

Cara membuatnya :
Panaskan Minyak samin dan margarin, tumis bumbu iris, bumbu utuhan, bumbu halus sampai wangi.
Masukan tumisan bumbu ke dalam panci yang ada berasnya, beri santan, susu cair dan kaldu kambing.
Ukur tinggi air sampai satu ruas jari dari permukaan beras, masak. Setelah hampir kering masukan daging kambing. Angkat, diamkan 15 menit. Kukus di dandang hingga matang.

Acar :
Selada (saya gak pake)
Tomat
Timun
Nanas
Cabai rawit
Bawang putih di haluskan
Jahe geprek
Cuka, garam, gula


posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment