Sunday 15 November 2015

Dalam pembuatan kue kering, gula yang digunakan biasanya adalah gula tepung karena gula jenis ini cepat larut sehingga mempermudah proses pengadonan.

Selain gula tepung, ada beberapa jenis gula lainnya yang beredar di pasaran, seperti dapat di lihat di list berikut ini :

1. Gula pasir, gula yang berbentuk butiran bagaikan pasir ini di peroleh dari kritalisasi sari tebu. Gula pasir ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna kekuningan. Gula pasir dapat digunakan untuk berbagai macam olahan, dari masakan, minuman hingga kue kue.

2. Gula Kastor. Gula kastor adalah sejenis gula yang butiran nya lebih halus beberapa tingkat dari gula pasir. Gula kastor biasanya muncul di beberapa resep kue atau cake. Kita dapat membuat gula kastor sendiri dengan cara memblender gula pasir menggunakan blender dry mill.

3. Gula Batu. Gula jenis ini biasanya di gunakan untuk sajian teh poci. Gula yang bentuknya seperti bebatuan ini akan meleleh perlahan ketika di masukan ke dalam air teh panas. Gula batu di peroleh dari kristalisasi gula pasir.

4. Gula palem atau di kenal dengan palem suiker. Gula ini berwarna coklat dan berbutir halus. Terbuat dari cairan nira yang terdapat di bunga sejenis pohon palem paleman. Gula palem kerap di gunakan untuk membuat kue atau di campur dengan minuman.

5. Gula tepung atau gula bubuk. Gula jenis ini berbentuk seperti tepung. Biasa nya digunakan dalam pembuatan kue kering dan sebagai icing. Seperti gula kastor, gula bubuk dapat kita buat sendiri dengan cara memblender gula pasir sampai halus menggunakan blender dry mill.

6. Gula Donat. Gula donat adalah sejenis gula bubuk yang di beri tambahan rasa mint agar terjadi efek semriwing ketika di makan.

7. Gula Merah atau kerap di sebut gula jawa adalah gula yang dihasilkan dari sari bunga kelapa. Biasanya di cetak berbentuk tabung atau di cetak menggunakan batok kelapa.

8. Gula Jagung. Gula yang terbuat dari modifikasi sari pati jagung dan di proses dengan reaksi kimia ini merupakan gula yang berkalori rendah. Gula ini adalah gula yang banyak di konsumsi oleh pelaku diet rendah kalori.



posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment