Thursday 12 November 2015

Lebaran kemarin saya berkesempatan menghadiri acara pernikahan salah seorang keponakan. Berhubung sang keponakan adalah mempelai prianya, maka di rumahnya diadakan acara yang bertajuk ngunduh mantu, gitu kalo bahasa jawanya mah. Nah, karena acara masak memasaknya di lakukan di rumah oleh sanak saudara dan tetangga, maka sang empunya acara pun menyedia kan menu khusus untuk menjamu para sukarelawan yang telah membantu jalan nya acara. Selain makan besar, para sanak saudara tetangga itu di beri satu buah tas plastik yang isi nya berbagai macam panganan. Makanan kecil itu berupa sejenis lontong yang terbuat dari tepung beras, apa ya namanya, lupa hihi, buah salak, ronge ronge, serta koci. Tadi nya saya mengira koci ini adalah kue bugis, melihat dari bungkusan daun pisangnya. Ternyata setelah di makan, isi nya bukanlah enten atau unti kelapa melainkan kacang hijau. Si koci ini enak juga sih hihi, tapi saya lebih menyukai enten kelapa sebagai isiannya, alias si kue bugis.

Kue bugis ini entah asal nya dari mana, tapi yang pasti, ada beberapa daerah yang mempunyai makanan seperti ini, sebut saja betawi, padang, makasar dan jawa.

Kue bugis ada yang terbuat dari tepung ketan hitam dan ada pula yang dari tepung ketan putih. Saya biasanya membeli kue bugis yang ada areh atau santan kentalnya di luar serta di bungkus plastik. Rasanya gurih, manis dan legit. Dulu pernah membuat yang model demikian, dan hasilnya gak memuaskan. Kali ini mah, saya bikin kue bugis yang biasa aja, lebih mudah tapi tetep enak.

Bahan :
150 gr tepung ketan putih
50 gr kentang kukus, haluskan
15 gr gula tepung
1/4 sdt garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa, panaskan, ukur 100 ml biarkan hangat
1/2 sdt minyak goreng, saya pakai 1 sdt

Isi :
100 gr kelapa parut
50 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1 lembar daun pandan
50 ml air, saya pakai santan

Cara membuatnya :
Campur tepung ketan, kentang, gula tepung, garam, aduk rata. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis, beri minyak, uleni.

Isi :
Masak semua bahan sampai mengering.

Penyelesaian :
Ambil adonan tepung sedikit, bentuk bulat, pipihkan, beri isian, bulatkan lagi.
Ambil selembar daun pisang bentuk corong, masukan bulatan adonan yang telah di isi tadi, padatkan, bungkus membentuk piramida.
Kukus selama 15 sampai 20 menit.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment