Thursday 12 November 2015

Entah telah berapa tahun saya tidak menapakan kaki ke tempat makan gado gado yang paling mahsyur di Bandung yaitu gado gado Tengku Angkasa. Tapi yang pasti, saya masih ingat benar dengan porsi an nya yang sangat badag itu.

Gado gado adalah sebutan untuk makanan yang terdiri dari berbagai macam rebusan sayuran, telur rebus, kentang, tempe atau tahu, lalu di siram dengan saus kacang yang legit. Biasanya di makan dengan beberapa potong lontong serta kerupuk. Asal usul dari gado gado sendiri sebenarnya masih burem, tapi semua orang telah menganggap bahwa gado gado itu berasal dari betawi. Saus kacang untuk gado gado ada dua versi, yang di ulek dan yang di masak. Untuk hari ini, saya mengolah gado gado yang saus nya di masak dahulu karena saya mempunyai sisa santan kental.

Gado gado saya terdiri dari, lontong, kentang, telur, tauge, wortel, buncis, mentimun, dan selada bokor.

Untuk saus kacang nya bumbu yang di pakai adalah cabe merah besar dan bawang putih yang direbus dahulu. Terasi bakar, air asam, gula merah, garam dan santan. Lalu di bubuhi daun jeruk purut satu lembar saja. Tidak lupa kacang yang telah di blender halus. Masak di atas api kecil.
Bila suka pedas, tinggal di tambah dengan cabai rawit. Saya tidak menggunakan kencur karena ada yang tidak suka dengan bau nya.

Gado gado akan terasa lengkap bila di bubuhi dengan kecap dan di dampingi dengan kerupuk aci, kerupuk udang atau emping.





posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment