Saturday 14 November 2015

Beberapa waktu lalu liat acara gosip di tipi, ish jadi ketauan biang gosip euy haha. Berita nya tentang Dewi Gita yang suka nyamil bunga, bukan bunga bank yah soalnya eta mah bukan untuk di camil tapi untuk di kagumi dan di siasati agar tidak di sangka mengandrungi riribaan. Namun saya lupa lagi, bunga yang di makan teh bunga mawar atau melati, tapi pada dasarnya mah yang wangi wangi gitu lah. Katanya semenjak mengkonsumsi bubungaan itu, bau badan sang artis jadi sewangi bunga yang di makannya. Kebayang kalo makan bunga raplesia arnoldi hihi eh gak boleh ya, kan bunga yang di lindungi.

Nah, beberapa bulan yang lalu ada yang nawarin bibit bunga mawar rainbow. Cantik banget kayak kupluk nya Bob Marley, eh salah kayak rainbow cake. Kabita juga sih tapi sayang harganya mahil, tak sanggup rasanya merogoh kocek sedalam itu demi mawar rainbow yang belum tentu hidup subur di cicukang soil #ngiiik.

Bunga mawar selain semerbak wanginya, body nya juga Indah. Gak heran kalo Jack sangat tergila gila kepada Rose, my heart will go on, sambil gugupayan di atas kapal titanic.

Nah, karena keindahan nya itulah, bunga mawar seringkali di jadikan ikon hiasan di beberapa sajian makanan. Ada beberapa penganan yang bentuknya di adaptasi dari bunga mawar. Salah satunya adalah kue tradisional yang saya buat ini, yaitu dadar gulung. Dadar gulung bentuk jamak nya ya di gulung kayak tikar tapi bukan gulung tikar, eta mah bangkrut. Tapi dadar gulung yang Satu ini mah, di gulung juga sih namun gulungan nya di indah indahin semirip dengan kelopak bunga mawar. Darlung jenis ini, udah lama sih hebohnya, saya ngintip resep dasar nya dari blog nya mbak Ricke di kombinasi dengan blog nya catatan Nina.

Bahan :
250 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
2 butir telur kocok lepas
600 ml santan
1 sdm minyak goreng
Pasta pandan
Pasta strawberry

Bahan isi :
100 gr kelapa parut
100 gr gula merah sisir
1/8 sdt garam
1 lembar pandan
50 ml air

Cara membuat :
Campur terigu dan garan, buat lubang di tengah, tuang telur, aduk dengan whisker. Tuang santan sedikit demi sedikit, aduk rata. Saring adonan, beri minyak goreng.
Bagi dua adonan, beri pasta pandan dan pasta strawberry.
Dadar di teflon, untuk mendapatkan kulit darlung yang bopeng, pan nya harus panas dulu, baru tuang adonan nya satu sendok sayur. Bila ada bunyi cess maka tandanya bopeng bopeng akan sukses.

Isi : masak semua Bahan jadi satu sampai kering.

Penyelesaian :
Ambil satu lembar kulit darlung, iris ujung sampai agak ke tengah sebanyak 4 atau 6 irisan. Letakan unti kelapa di tengah. Ambil satu bagian kulit yang telah di iris, lipat dan tempelkan ke unti atau kebagian tengah, demikian seterusnya, sampai kelopak habis.







posted from Bloggeroid

1 comments:

  1. mantap kak resepnya, ilmunya bermanfaat
    www.bumbuemak.com

    ReplyDelete