Monday 7 December 2015

Teman teman bimbel saya dulu adalah sekumpulan teman yang datang dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Sofia atau kerap kami panggil dengan sebutan Ncop. Ncop ini berasal dari Bangka. Suatu saat ia pernah berkata bahwa pantai di Bangka adalah salah satu pantai dengan pemandangan yang sangat Indah dan wajib di kunjungi.
Tapi sayang sekali, 21 tahun telah berlalu, dan bau garam beserta debur ombak pantai Bangka belum juga menyapa hidung dan telinga saya.
Tapi gak papa, segala sesuatu itu sudah ada waktunya, jadi jangan terlalu merasa merana lah ya, haha.

Selain pantainya, Bangka juga terkenal dengan makanan khasnya. Seorang teman pernah berkata bahwa kemplang Bangka itu lebih enak cocolannya daripada kemplang Palembang, gak tahu juga ya, mungkin itu hanya tentang selera aja. Ngomongin tentang cocolan, Bangka mempunyai salah satu cocolan yang berbeda untuk olahan otak otaknya. Cocolan itu salah satu bahan dasarnya adalah tauco. Tauco adalah hasil dari fermentasi kedelai yang dicampur dengan terigu. Tauco mempunyai bau yang sangat khas dan terasa asin karena proses fermentasinya dilakukan dengan cara direndam di larutan garam. Tauco banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dengan rasa yang sedikit berbeda. Untuk cocolan otak otak khas Bangka, tauco yang digunakan adalah tauco yang berasa manis.

Bertekad untuk mendapatkan rasa yang berbeda dari olahan otak otak dan cocolannya, saya pun tertarik untuk membuat cocolan khas Bangka ini. Untuk otak otaknya, saya lebih memilih untuk di goreng agar praktis, karena gak enak sama pak Haji kalo minta daun pisang terus. Bahan otak otaknya juga seadanya, ikan tenggiri di campur dengan daging ayam giling, di uleni dengan es batu, santan, putih telur, bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica, garam dan gula. Baru di campur tepung tapioka. Bentuk lalu rebus, diamkan sampai mengapung. Angkat lalu goreng.

Nah, untuk cocolannya, begini :

4 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
2 sendok makan
2 sendok makan gula merah
2 sendok makan tauco
1 sendok teh garam
1cangkir air
1 buah jeuk nipis

Cara membuatnya :
Rebus cabai dan bawang putih. Blender dengan bahan lainnya kecuali jeruk nipis. Rebus sampai mengental, angkat. Bubuhi air jeruk nipis.




posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment