Wednesday 9 December 2015

Rencananya mau memperbudak pasta engine dengan membuat cheese stick, tapi begitu melihat resep ini dari blognya mba Hesty, saya langsung tertarik untuk mencobanya. Baca bahan dan caranya sih pertamanya oke, tapi begitu liat waktu pemanggangan akhirnya yang sampe 2 jam pake mode warm, langsung bikin kaki kram heuheu. Mode warm dari Hongkong? Orang oven nya oven tangkring, dimana si mode mode an itu ga ada. Yang ada hanya mode perasaan, dan itu perlu banyak latihan.

Tapi gak papa, namanya juga usaha, untuk mendapatkan camilan yang lumayan tahan lama.
Pernah makan model soes kering kayak ginian kalo ga salah produk Kartika Sari atau Prima Rasa ya, lupa. Enak banget pokoknya, krenyes krenyes dengan rasa keju yang tebal, gak kayak punya saya ini yang agak keras kayak batu belah batu bertangkuab haha. Tapi lebih keras lebih baik, soalnya jadi lebih lama ngabisinnya hihi. Selain keras, Choux saya ini juga agak kempes kayak ban motor ketojos paku, gak tau kenapa, entah karena suhunya yang gak cocok atau sering di buka tutup oven nya, gak tau lah ya, males mikirin nya juga.

Bahan :
150 gr margarin
150 gr terigu
5 butir telur
250 ml air
1/2 sdt garam
100 gr keju cheddar

Cara membuatnya :
Masak air, margarin dan garam sampai mendidih. Masukan tepung sekaligus, aduk hingga kalis. Masukan keju parut, aduk rata, biarkan dingin.

Masukan telur satu persatu sambil di kocok pakai mixer sampai rata. Lihat konsistensinya, apabila dirasa telah cukup kekentalannya, dan telurnya masih ada, jangan diteruskan memasukan telurnya. Adonan yang baik adalah apabila di sendok dan di jatuhkan, adonan jatuhnya bergumpal.
Masukan ke kantong setiga, semprot memanjang di loyang yang telah di oles margarin. Panggang sampai kekuningan, selesaikan dulu memanggang semua adonan. Setelah semua terpanggang, masukan kembali ke dalam loyang yang besar, panggang sampai kering banget yang kira kira dua jam itu.



posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment