Friday 25 March 2016

Kue pukis adalah kue yang cocok bila disandingkan dengan teh pahit hangat, di waktu pagi atau sore hari menjelang. Kue yang sangat legendaris itu kabarnya berasal dari Banyumas. Berhubung simbah hanya mewariskan cetakan kue carabikang dan apem, maka dengan sesadar sadarnya tanpa paksaan dari pihak manapun, akhirnya saya pun harus membeli si dia ini.

Bila celana jeans baru gak usah dicuci dulu ketika akan dipakai, lain halnya dengan cetakan kue pukis. Dia nya ini harus di cuci bersih dulu dengan sabun. Tapi jangan juga terlalu terbuai dengan kekuatan air dan sabun, karena cetakan ini ternyata masih harus dibersihkan dari noda noda hitam yang dapat merusak penampakan kue.

Cara membersihkannya mudah saja yaitu dengan mengolesi semua permukaan cetakan dengan minyak goreng lalu dipanaskan sampai berasap. Setelah itu di lap dengan tisue atau kain bersih. Lakukan hal ini beberapa kali sampai cetakan benar benar bersih. Setelah itu olesi kembali dengan minyak goreng, baru bisa digunakan.

Cetakan ini bila tidak dibersihkan secara rodi seperti diatas akan berakibat fatal kepada kue yang di panggang didalamnya. Kue yang dihasilkannya akan penuh dengan mehong bagaikan Cinderella yang sedang membersihkan cerobong asap emak tirinya.

Resep kue pukis kali ini saya adaptasi dari resepnya mbak Nina yang di posting di blognya yang kwereen itu. Seperti biasa, saya membuat setengah resep saja untuk trial bisi error. Setengah resep ini menghasilkan dua lusin setengah kue pukis.

Bahan :
250 gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt baking powder
1 sdt ragi instan
3 kuning telur
1 putih telur
150 gr gula pasir
200 ml santan kental beri garam sejumput
25 ml air kelapa
25 gr butter leleh
Vanili

Untuk topping, saya menggunakan coklat Cadbury yang di lelehkan.

Cara membuatnya :
Ayak campuran terigu, baking powder dan ragi insant, sisihkan.
Kocok telur dan gula sampai mengembang kental, masukan campuran terigu selang seling dengan air kelapa dan santan, beri vanili. Masukan butter leleh, aduk balik. Tutup dengan kain bersih, istirahatkan selama 30 - 60 menit.
Panaskan cetakan, tuang adonan setengah tinggi cetakan. Setelah berpori beri topping, lalu tutup hingga matang.




posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment