Friday 11 August 2017

Kata Mashed Potatoes selalu mengingatkan saya akan sebuah lagu milik Nirvana yang berjudul Sliver. Yeaa, Grandma take me home,
Wanna be alone, jreng jreng. Mashed Potatoes atau kentang tumbuk adalah salah satu sajian pengenyang perut yang cukup familiar di kalangan pecinta kuliner. Pembuatannya yang mudah serta rasa yang lezat menjadikan olahan berbahan dasar kentang ini sebagai menu favorit bagi berbagai kalangan.

Namun pada kesempatan kali ini saya tak akan membicarakan mashed potatoes lebih lanjut, karena saya akan membicarakan tentang Beeftatoes.

Beeftatoes ini tercipta dari tertinggalnya sebuah memori akan makanan lezat bernama Chilli Pie yang di produksi oleh salah satu toko bakery di Bandung. Perpaduan kentang dan gilingan daging sapi yang diolah sedemikian rupa sungguh mencetak kenangan indah tersendiri di lidah.
Beeftatoes ini terdiri dari kentang tumbuk, tumisan daging sapi serta taburan keju yang ditata layer per layer. Di panggang sampai menebarkan aroma yang mewangi dengan permukaan yang kering sempurna.

Bahan :
300 gr kentang rebus, kuliti, tumbuk
150 gr Daging sapi giling
50 gr keju cheddar parut
1 buah bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, iris
2 sdm margarin atau butter
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap inggris
Merica, pala, garam dan gula secukupnya.

Cara membuatnya :
Siapkan loyang bongkar pasang, olesin margarin tipis, sisihkan.
Campur kentang tumbuk yang masih panas dengan 1 sdm margarin/butter bubuhi garam dan merica, sisihkan.
Panaskan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum, masukan daging giling, beri kecap inggris, minyak wijen, merica, pala, garam dan gula. Aduk rata, angkat, sisihkan.
Siapkan loyang, masukan kentang tumbuk sebagian, timpa daging giling, timpa kentang lagi, paruti keju diatasnya.
Panggang sampai matang, kuning kecoklatan.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment