Thursday 24 November 2016


Dari Uesugi Kenshin sampai Kenshin Himura, dari kimono sampai hakama, dari tabi sampai geta, dari bunga sakura sampai gunung fujiyama dan dari teriyaki sampai yakiniku. Itulah beberapa hal yang sering nyangkut di pikiran ini bila membaca deretan huruf membentuk kata Jepang. Haik.

Teriyaki dan yakiniku, dua masakan terkenal dari negara matahari terbit itulah kini dengan leluasa telah masuk ke dapur-dapur rumah tangga Indonesia dengan penyesuaian bahan dan bumbu tentu saja. Namun baru kali ini saya membuat Beef Yakiniku, ini pun yang ala-ala, karena dagingnya boro-boro dibakar tapi cuma di tumis, semirip bulgogi jadinya. Di buat karena terinspirasi dari salah satu menu resto Jepang yang semakin hari harganya semakin mengkhawatirkan. Dengan memasak sendiri modalnya bisa semepet mungkin. Mengandalkan daging sapi 20 ribu, bawang bombay 2 ribu, serta paprika 8 ribu, dan bumbu lainnya, dapat menghasilkan beef yakiniku untuk di konsumsi oleh 5 orang. Selain beef yakiniku, chicken teriyakinya pun tak ketinggalan. Saya lebih menyukai bumbu teriyaki karena bercitarasa manis. Menu ini paling yahud bila ditemani salad wortel dan kubis, lengkap dengan mayones dan sambal botolnya.

Nah, sebagai pemdampingnya, saya membuat popcorn chicken ala bapak colonel Sanders. Tapi ala-ala juga karena potongan ayamnya kurang kecil. Memasak dua menu ini cukup mudah namun perlu persiapan yang agak lama, mengingat daging sapi dan ayamnya harus di marinade dulu.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment