Tuesday 20 December 2016

Bunga-bungaan ternyata bukan saja indah dilihat tapi juga lezat untuk disantap. Ada beberapa jenis bunga yang dapat diolah menjadi teman makan nasi, diantaranya bunga sedap malam, bunga honje atau kecombrang, bunga sosin, bunga turi, dan bunga pepaya.

Di pasar, jarang sekali dijual jenis bunga-bungaan tersebut diatas, mungkin karena kurang peminatnya. Namun, tadi pagi saya menemukan bunga pepaya di salah satu lapak langganan. Tanpa pikir panjang, dua ikat bunga pepaya seharga enam ribu rupiah masuk tas belanja. Harganya memang agak mahal

dari jenis sayuran lainnya yang dijual perikat, tapi daripada nunggu dua abad pohon pepaya di depan rumah berbunga, ya mending beli aja.

Bunga pepaya ini rasanya pahit bagai daunnya. Ada beberapa cara untuk meminimalisir kepahitannya diantaranya adalah dengan peremasan memakai garam atau direbus dengan campuran asam jawa. Nah, cara terakhir inilah yang saya gunakan. Hasilnya memang masih agak sedikit pahit namun terkamuflse ketika telah bercampur dengan bumbu terutama bila memakai cabai yang banyak.
Selain enak, bunga pepaya pun mengandung khasiat untuk mengatasi sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Bahan :
2 ikat bunga pepaya, potong dari batang, rebus dalam air yang bercampur asan jawa sampai empuk
50 gr teri medan goreng
3 siung bawang putih iris
5 siung bawang merah iris
10 buah cabai rawit domba iris tipis
1 buah cabe merah iris
1/2 sdt terasi bakar bubuk
2 lembar daun jeruk purut
Gula, garam, kaldu bubuk bila suka
Minyak untuk menumis.

Cara membuatnya :
Tumis bumbu, masukan bunga pepaya, beri gula, garam, kaldu bubuk dan terasi, beri sedikit air, aduk. Masukan teri medan goreng, aduk rata. Angkat.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment