Friday 6 January 2017

Ada salah satu jajanan anak-anak yang menempatkan telur puyuh sebagai salah satu bahannya. Telur puyuhnya satu biji, dicampur dengan adonan terigu lalu di cetak di cetakan serupa cara bikang namun dengan lubang-lubang yang lebih mini. Harganya 3 ribu rupiah untuk 7 keping telur-teluran terigu itu yang terkadang di beri semprotan saus sesuai dengan permintaan. Jajanan ini lumayan banyak penggemarnya, terkadang si mamang sampai kewalahan dengan anak-anak yang saling sikut dan berteriak minta pesanan nya di dulu kan. Untuk rasanya, ya begitulah. Terlalu gurih karena taburan MSG, yang tidak baik bagi kesehatan anak-anak.

Telur puyuh memiliki banyak manfaat karena muatan protein dan vitaminnya lebih tinggi dari telur ayam apalagi dari telur gajah #eh.
Segudang manfaat ada di dalam telur yang dihasilkan oleh burung puyuh itu, diantaranya dapat mempertebal daya tahan tubuh, obat alergi, maag, batuk, demam, asma, mencerdaskan otak, melindungi mata dan obat awet muda, aih.

Telur puyuh dapat diolah menjadi berbagai menu masakan, salah satunya adalah menjadi bola ayam telur puyuh.

Membuat bola ayam ini mudah saja. Pertama-tama rebuslah telur puyuh sampai matang, kupas, sisihkan.
Adonan. Bola ayamnya yaitu filet daging ayam yang di haluskan dan diberi bumbu bawang putih, merica, garam, gula, kecap Inggris, minyak wijen, telur satu butir, dan sedikit tepung roti, campur semua bahan menjadi sebuah adonan yang dapat di bentuk.

Ambil sejumput adonan ayam, beri isi telur puyuh, bulatkan, goreng di minyak panas dengan api sedang sampai kecoklatan.

Sajikan dengan saus sambal.

Sekian.



posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment