Monday 9 January 2017

Tahu adalah salah satu makanan yang berasal dari negeri nya Gong Li. Kabarnya tahu ini sudah ada sejak jaman dinasti Han, jauh sebelum adanya dinasti Ming, yaitu salah satu dinasti yang berdiri karena adanya pemberontakan dari para petani. Dinasti Ming merupakan dinasti terakhirnya bangsa Han dalam memimpin kerajaan di Tiongkok sana. Eh kenapa jadi ngomongin sejaroh.

Back to tahu. Di pasar yang kerap saya kunjungi, banyak sekali bertebaran tahu dalam berbagai varian dan merk. Salah satunya adalah tahu jablay. Tahu ini adalah tahu kuning biasa, hanya kadar airnya banyak, sehingga bentuknya besar namun tidak kokoh. Tahu ini adalah salah satu bintang di lapak milik mang Yadi asli Cibuntu karena dengan lima ribu rupiah, 12 buah tahu yang rasanya gurih ini dapat dibawa pulang.

Tahu Bandung itu terkenal dengan rasanya yang enak, berbeda dengan tahu yang berada di daerah jawa tengah dan timur yang terasa hambar. Itulah mengapa, disini tahu mentah pun bisa langsung di gasak.
Selain di goreng sebagai teman makan nasi, tahu dapat juga diolah menjadi berbagai ragam masakan atau pun camilan. Salah satunya adalah Tahu Bunga Sosis. Olahan ini cocok sekali untuk anak-anak karena bentuknya dan kandungan proteinnya tinggi.

Bahan :
5 buah tahu putih
4 buah sosis, potong 2 bagian, potong lagi 4 sampai tengah saja sehingga membentuk bunga
2 butir telur ayam
1 buah wortel ukuran sedang, parut kasar
3 siung bawang putih, cincang.
Garam dan merica secukupnya

Cara membuatnya :
Haluskan tahu, tambahkan semua bahan kecuali sosis. Olesi cucing dengan minyak, masukan adonan tahu, tanam sosis ke dalam adonan. Kukus hingga matang kurang lebih 20 menit.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment