Saturday 14 January 2017

Senangnya punya pelanggan yang kreatif dan suka mencoba masakan yang bukan itu-itu saja. Ketika pikiran mampet, ada WA yang berbunyi "Teh, besok masak ini, ini dan ini dong."
Yeaa, pucuk di cinta nasi ulam tiba.

Salah satu ide yang di lontarkan dia yang mempunyai hobi makan tapi berbadan langsing ini adalah bandeng isi. Terberkatilah Leonard Kleinrock, sang penemu internet. Dimana sekarang kita bisa menikmati kemudahan mencari sebuah informasi tanpa harus memilah dan memilih sampai keringetan di tumpukan daun lontar yang terbengkalai, aih lebaay.

Bandeng isi ini dikenal juga dengan nama bolu kambu atau otak-otak bandeng. Bikinnya lumayan ribet karena ada proses mengeluarkan tulang beserta dagingnya yang akhirnya harus dipisahkan dengan durinya. Biasanya, dagingnya dikukus dulu agar pemisahan duri lebih mudah. Namun dalam hal ini saya lebih memilih untuk menghaluskan daging dan durinya jadi satu dengan memblender agar tidak terlalu rempong.

Adapun resepnya saya adaptasi dari resepnya Mbak Endang JTT.

Bahan:
- 2 ekor ikan bandeng ukuran sedang
- 5 sendok kelapa parut, sangrai dan
haluskan
- 100 ml santan kental
- 2 butir telur dikocok lepas
- 1 sendok makan tepung sagu
- daun pisang untuk membungkus

Bumbu dihaluskan:
- 2 sendok teh ketumbar, sangrai
- 3 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 2 buah cabai merah
- 1 batang serai ambil putihnya saja
- 2 ruas lengkuas
- 4 butir kemiri sangrai
- 1 sendok makan gula jawa
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Siangi ikan, buang insang dan buat
sayatan dekat kepala ikan. Keluarkan isi perut melalui sayatan kepala. Cuci ikan lalu seka hingga kering.
Patahkan tulang di bagian ekor.

Pukul-pukul badan bandeng dengan gagang pisau supaya daging
ikan terlepas dari kulitnya. Keluarkan duri tengah ikan dengan hati-hati dari kepalanya. Sambil memukul arahkan daging bandeng ke bagian

kepala agar kita bisa mengeluarkan daging dan duri bandeng dari bagian insang. Korek bagian dalamnya dengan sendok agar lebih bersih. Haluskan daging ikan beserta durinya dengan blender, bagian ini harusnya di kukus atau disangrai untuk memisahkan daging dengan durinya. Campur daging ikan dengan kelapa parut, santan, telur kocok dan bumbu yang telah dihaluskan. Cicipi rasanya.

Masukkan adonan ke dalam kulit ikan melalui sayatan di dekat kepala dengan menggunakan plastik segitiga. Setelah penuh rapatkan kembali. Bungkus dengan
daun pisang dan kukus selama 20 - 25 menit hingga matang. Angkat dan
dinginkan. Potong- potong, celup ke putih telur lalu goreng.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment