Friday 20 January 2017

Daging ayam adalah produk hewani yang mudah ditemukan dimana saja. Di pasar, swalayan, warung sayur dekat rumah atau pun di rumah tetangga. Selain karena harganya lebih murah dari daging sapi, bebek, itik, kalkun, atau ikan asin bersodara, daging ayam memiliki rasa yang dapat diterima oleh lidah siapa saja, itu lah sebabnya daging ayam begitu populer di percaturan dunia kuliner dunia. Harga daging ayam di pasar paling fluktuatif. Kadang-Kadang melegakan, lain hari mengejutkan.

Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan yang menggugah selera. Beberapa wilayah di Indonesia memiliki olahan khas berbahan dasar daging ayam dengan rasa yang sangat lezat. Salah satunya adalah ayam masak habang atau hayam masak habang yang berasal dari Riau dan Kalimantan. Menurut Mbak Endang yang resepnya saya pakai ini, perbedaan dari ayam masak habang asal Riau dan Kalimantan adalah dari rasanya. Ayam masak habang dari Riau bercita rasa manis, asin, gurih, dan pedas sedangkan yang dari kalimantan rasa asam pedas lebih menonjol.

Berikut ini resep yang saya ambil dari blognya Mbak Endang JTT.

Bahan:
- 1/2 kg ayam, potong-potong, cuci bersih dan tiriskan. Dapat juga di goreng terlebih dahulu.
- 300 ml air
- bawang goreng
- 2 sendok makan kecap manis, saya pakai 1 sdm
- 1 sendok makan gula jawa, disisir
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
- 8 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah
- 6 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 ruas jahe

Cara membuatnya :
Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan ayam, aduk-aduk hingga bumbu tercampur dan ayam berubah warna.
Tambahkan air, kecap manis, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk dan masak hingga air mengering dan mengental. Cicipi rasanya dan angkat.


posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment