Wednesday 8 February 2017


Beberapa hari ini hujan turun tak menentu, membuat perasaan jadi tak menentu pula. Mau ini salah, mau itu salah, yang benar semua ya dapet nilai seratus. Ketidak menentuan suasana hati, cuaca, dan semua turunannya ini mungkin hanya dapat di enyahkan oleh sebuah aktivitas yaitu mengunyah. Mengunyah makanan ya, bukan rumput yang bergoyang apalagi sarupaning beling, itu mah kerjaannya kuda lumping.

Nah, salah satu olahan yang dapat menenangkan suasana hati adalah cream soup. Cream soup sendiri adalah salah satu jenis sup yang termasuk kedalam golongan sup kental bersama bisque, chowder dan puree soup. Selain sup kental ada juga yang dinamakan clear soup yaitu sup yang kuahnya bening, national soup dan special soup.

Olahan sup sudah ada sejak jaman neolitikum, lalu berkembang sedemikian rupa hingga kini.

Nah, cream soup jagung yang saya buat ini dapat dijadikan pula sebagai isian zupa-zupa atau disantap bersama roti kering.

Bahan :
1 buah jagung manis di pipil
3 buah jagung manis, parut
500 ml air
150 gr fillet ayam, potong dadu, rebus sampai matang
300 ml susu cair
1/2 sdt tepung maizena, larutkan dalam 2 sdm air
1 sdm margarin

Bumbu :
50 gr bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, memarkan
1 batang seledri, simpulkan
1 batang daun bawang, iris
1 sdt seledri cincang
Merica dan garam secukupnya

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Tambahkab air, seledri, garam, dan merica, masak hingga mendidih.
Masukan ayam, jagung, masak hingga matang. Tuang susu cair dan larutan maizena, aduk rata. Masak hingga kental dan mendidih. Angkat.
Tambahkan daun bawang dan seledri cincang. Sajikan hangat.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment