Saturday 27 February 2016


Dulu waktu kecil saya suka dibohongin sama simbah saya, katanya jangan beli cingcau di si mamang itu, bikin nya pake celana. Yaeyalah make celana, kalo gak pake celana baru bahaya :p. Maksudnya nyaring cingcau nya beralaskan celana haha. Jaman dulu, simbah sudah memperkenalkan berita hoax.

Cingcau adalah tumbuhan yang mudah di tanam. Pohon cingcau di Rumah saya berasal dari area pekuburan dimana simbah saya di makamkan. Yang punya inisiatif sih si uwak, tapi tertinggal di rumah. Walhasil di tanam saja di halaman. Pohon cingcau ini berdaun lebat yang membuat si mamang tukang cingcau mantengin keberadaannya. Teu kaop daun na ngarempuyuk, si mamang langsung minta. Dasar tukang jualan, cap nuhun wungkul tanpa ada timbal balik segelas dua gelas mah. Teu ketang Mang, rido sayah mah, Rido Rhoma hihiw.

Sekarang mah tiada kesempatan buat si mamang untuk minta. Soalnya bisa bikin sendiri. Hampir tiap hari ngarambet daun cingcau yang penuh manfaat itu. Disamping sebagai obat panas dalam, cingcau juga di kenal sebagai obat penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

Cara membuatnya sangat mudah, daun cingcau di cuci bersih, lalu di sobek sobek. Setelah itu tuang air matang suam suam kuku, di kira kira aja. Lalu remas remas sampai mengeluarkan lendir, saring. Inget pake celana ya haha. Diamkan di lemari es sampai membeku. Nikmati dengan simple sirup atau sirup tjampolay pisang susu ditambah santan dan es batu.

Biarkan si mamang tukang cingcau gandeng dengan kliningannya. Cingcau bikinan sendiri lebih enak.di telen nya, tanpa ada praduga yang tidak tidak.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment