Thursday 25 February 2016

Beberapa hari lalu si uwak datang kerumah dan bercerita tentang makanan yang lagi happening di Soreang, yaitu martabak black sweet alias hitam manis yang mana bukan hideung leustreung kayak lutung kasarung #eh.

Martabak ini sebenarnya sudah lama malang melintang di dunia perkulineran kota Bandung. Dulu sempat mencicipi ramuannya martabak Mr. Black yang fenomenal itu, dan rasanya enak walau gak bikin ketagihan karena saya bukanlah penikmat martabak sejati.

Pagi ini si hitam manis jadi menu sarapan pagi. Makan satu potong saja sudah kenyang alang kepalang, entah berapa kalori yang tertimbun di dalamnya.

Bahan :
65 gr tepung terigu protein tinggi
65 gr tepung ketan hitam
5 gr ragi instan
75 gr gula pasir
200 ml santan hangat (saya memakai santan instan 65 ml ditambah air sampai 200 ml)
2 butir telur ayam
1/4 sdt soda kue

Cara membuatnya :
Masukan ragi instan ke dalam santan hangat, diamkan hingga berbuih.
Campur kedua tepung dan gula, buat lubang di tengahnya lalu masukan telur, aduk hingga rata. Masukan santan yang telah bercampur ragi tadi, aduk sampai rata. tambahkan soda kue, aduk rata lagi. Istirahatkan 50 menit.

Panaskan Teflon, tuang adonan dengan mengaduknya terlebih dahulu. Tunggu sampai berlubang lubang, beri taburan gula pasir. Tutup hingga matang. Angkat, beri toping sesuai selera.


posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment