Thursday 18 February 2016


Baru beberapa minggu ini, lapak penjual ikan langganan saya menyediakan Ikan tenggiri dalam daftar jualannya. Biasanya bila saya membutuhkan ikan Tenggiri, saya harus mengunjungi pasar yang lokasinya agak jauh dari rumah atau pun ke supermarket. Harga ikan Tenggiri di supermarket dengan di Pasar selisih harganya lumayan kenceng yaitu, 14 ribu rupiah. Jadi waktu tau si mamang yang berjualan dengan ibu mertuanya itu menyediakan ikan tenggiri, saya pun langsung tancap gas, belok kiri jalan terus.

Buka buka buku resep jadul, saya tertarik dengan sebuah olahan yang berasal dari Thailand. Masakan Thailand identik dengan daun ketumbar. Tapi walau yang ada cuma daun pintu sama daun telinga, tidak membuat saya gentar.

Bahan :
500 gr Ikan Tenggiri, potong potong, lumuri jeruk nipis, diamkan 10 menit, cuci kembali, lalu goreng kering.
1 sdm minyak goreng, disarankan yang tak jenuh.
1 sdt kunyit parut
1/2 sdt terasi
1 sdt ketumbar halus
1/4 sdt jinten halus
1 sdt bawang putih halus
2 lembar daun jeruk purut
Garam, merica, air jeruk nipis secukupnya
2 pohon daun ketumbar di cincang, saya tidak pakai
Cabai rawit utuh sesuai selera
50 ml air

Cara membuatnya :
Panaskan minyak, tumis semua bumbu sampai harum.
Masukan merica, garam, air jeruk nipis, cabai rawit, daun ketumbar. Beri air. Masukan ikan goreng. Tidak hanya di goreng, ikan yang di panggang juga enak di bumbui Thai curry ini.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment