Wednesday 12 August 2015

Sampai saat ini saya belum bisa memecahkan misteri olahan daging ayam colombo yang bisa hararideung meles tapi berasa manis dan yummy itu, curious pisan sih, tapi apa daya, otak tak sampai :D.
Selagi belum dapet clue sedikit pun tentang itu, saya akhirnya memutuskan untuk membuat ayam bakar ala Pak Sahak yang resepnya cukup ramai malang melintang di dunia masak memasak.

Kata saya sih hasilnya agak keasinan, maklum orang jawa sukanya yang manis manis. Tapi kata Tombak sudah enak, asin nya pas. Jadi nurut Tombak aja deh.
Sepanjang karir saya membuat ayam bakar, baru kali ini bumbunya bisa meresap secara sempurna.

Bahan :
1 Ekor ayam, potong sesuai selera, biasanya jadi 8.
2 buah jeruk nipis
6 lbr daun jeruk purut
6 lbr daun salam
10 sdm kecap manis, kayaknya pake kecap anggur lebih manis hasilnya
1 sdt chicken powder, berhubung ragu ragu yang di maksud apa jadi saya gak pakai
1 sdt lada halus
2 buah jeruk limau *saya pakai jeruk purut.

Bumbu halus :
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
10 butir kemiri
1 sdm garam *jangan muncung muncung
25 gr gula merah
1 ruas jahe

Cara membuat :
Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk, diamkan 10 menit.
Bilas ayam, tiriskan.
Susun daun salam dan daun jeruk di dalam wajan sebagai alas.
Campur bumbu halus dengan lada dan kecap dalan satu wadah.
Celupkan semua ayam dalam bumbu, angkat, susun dalam wajan.
Masak dengan api kecil sampai ayamnya mengeluarkan air, korek sesekali agar tidak gosong, masak sampai air habis. Masukan air jeruk limau atau purut. Bakar dengan diolesi kecap atau madu.

SAMBAL DADAK

Bahan :
10 buah Cabe rawit domba
1 buah tomat ukuran sedang
1 sdt terasi bakar
Gula dan garam secukupnya.
Tumbuk semua bahan, beri air jeruk purut bila suka.

Selamat mencoba.





posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment