Friday 17 October 2014

Salut sama para pembuat lemper ayam yang gigih, maju terus pantang mundur, karena saya mah tidak segigih itu. Hari ini saya bikin lemper ayam dari 250 gr beras ketan putih, lama banget jadinya. Bikin lemper sendiri hanya ingin balas dendam sama isian nya, biasanya kalo beli lemper isinya dikit banget, maka dari itu resep isian untuk 500 gr beras ketan saya jadikan untuk 250 gr saja, puas sudah.

Lemper Ayam via NCC Jajan Tradisional Indonesia.

Bahan (saya pakai 1/2 resep) :
500 gr beras ketan putih, rendam, 3 jam.
Tiriskan.
350 cc santan kental
½ sdt garam
1 sdm gula pasir
1 lbr daun pandan
Daun pisang secukupnya

Isi nya saya ikutin yang ini banyaknya :
¼ kg daging dada ayam tanpa
kulit, rebus, iris halus
1 lbr daun salam
1 btg sereh, memarkan
3 lbr daun jeruk
100 cc santan kental

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 btr kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
½ sdt merica
¼ sdt pala, saya skip
¼ sdt jintan, saya skip
Gula pasir
Garam

Cara membuat
1. Beras ketan yang sudah
ditiriskan dikukus selama 30
menit
2. Sementara itu didihkan santan,
garam, gula, dan daun pandan
3. Campur santan mendidih dan
beras ketan sambil diaroni
sampai tercampur rata. Tutup
sebentar. Kukus lagi sampai
matang (30 menit)

Isi :
1. Tumis bumbu halus, tambahkan
daun salam, serai dan daun
jeruk sampai harum
2. Masukkan santan. Aduk-aduk
sebentar, masukkan ayam.
Tambahkan garam dan gula.
3. Masak terus sambil diaduk
sampai santan mengering.

Bungkus adonan lemper dengan bentuk suka suka memakai daun pisang atau plastik, bila ingin awet kukus kembali.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment