Tuesday 20 November 2018

Jangan menanam pohon pepaya di depan rumah, sial." begitu sabda Ko Agus, salah seorang teman kerja saya dulu. Ya, dalam ilmu fengshui, menanam pohon pepaya di depan rumah adalah sebuah pantangan karena kabarnya akan mendatangkan aura buruk seperti kemalasan, kebamgkrutan, bahkan perpecahan keluarga. Waduh!

Sebenarnya hal ini dapat di terawang secara logika loh. Pohon pepaya jika berbuah akan mendatangkan kampret alih alih cebong #eh hihi maksudnya mendatangkan kelelawar yang kotorannya tidak baik bagi kesehatan spesies homo sapiens layaknya insan manusia. Akarnya tunggangnya (Radik primaria) disinyalir dapat merusak bangunan yang dekat dengannya sehingga rawan roboh, begitu kira-kira. Tak hanya ilmu fengshui saja yang melarang menanam pohon pepaya di depan rumah, di daerah Purwakarta, ada sebuah mitos bahwa pohon pepaya yang bercokol di depan rumah biasanya menjadi tempat nangkringnya kuntilanak, hiiy. Ehtapi semua itu tergantung kepercayaan masing-masing individu ding. Tapi yang pasti, tanaman yang berasal dari Meksiko bagian utara dan selatan itu memiliki buah yang rasanya enak sehingga tidak hanya disukai oleh manusia namun oleh burung juga.

Selain buahnya, daun dan bunga pepaya dapat dijadikan.olahan masakan yang dapat menggoyang lidah walaupun rasanya pahit. Namun sepahit-pahitnya daun atau bunga pepaya tetap masih kalah dengan pahitnya kehidupan, cie.

Rasa pahit daun pepaya yang berasal dari zat papain yang dikandungnya dapat dihilangkan dengan cara direbus dengan tanah lempung. Tapi menurut saya, Rasa pahit itulah yang menjadi ciri khas olahan daun pepaya, jadi tidak.usah dihilangkan, diminimalisir sajalah dengan direbus bersama daun jambu atau daun ketela pohon, itu sudah cukup.

Bahan :
1 ikat daun pepaya, rebus dengan dua ikat daun ketela pohon atau 10 lembar daun jambu batu, potong-potong
6 butir bawang merah, iris
4 siung bawang putih, iris
2 buah cabai merah besar, iris serong
2 sdm teri medan
Secukupnya kaldu bubuk
Secukupnya garam dan gula
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih sampai mewangi.
Masukkan teri medan, oseng hingga matang. Masukan cabai merah, aduk rata. Masukan daun pepaya rebus, aduk kembali. Taburi kaldu bubuk, garam, dan gula lalu aduk kembali. Boleh diberi air sedikit untuk melarutkan bumbu sambil diaduk. Angkat.
[image_0]

0 comments:

Post a Comment