Wednesday 4 December 2013

Baru aja ngabisin satu lusin batagor sribuan dengan suksesnya.Sribuan? Yup, masih ada kok batagor harga sribuan, ukurannya mini mini, terus rasa ikannya cuma samar samar, saus kacangnya kental karena maizena, tapi over all lumayan lah ya rasanya.

Saya adalah penggila batagor, makanan yang dari dulu sampai sekarang gak ada matinya.  Batagor sendiri adalah singkatan dari baso tahu goreng.  Batagor isan mengklaim dirinya sebagai pelopor dari makanan yang banyak dijual di Bandung ini.  Haji Isan memperkenalkan batagor sejak tahun 70 an.  Tapi kemarin ini ketika saya membeli batagor yunus, Haji Yunus lah yang mengklaim bahwa beliau lah yang pertama kali memperkenalkan batagor pada masyarakat.  Entah mana yang benar, yang pasti kedua batagor tersebut merupakan batagor yang paling terkenal untuk harga menengah yaitu sekitaran 3 ribu per biji nya.
Untuk rasa batagor dan sausnya, saya lebih suka batagor Yunus daripada Isan, di batagor Yunus pulak ada varian batagor tanpa tahu alias aci baso nya saja yang sungguh membuat hati saya jatuh cinta padanya.  Selain dua batagor tadi, ada juga batagor yang cukup terkenal yang berlokasi di belakang pasar burung jalan peta atau di daerah babakan ciparay tepatnya.  Rasa batagornya mirip mirip Yunus yang membedakannya rasa sausnya yang cenderung lebih manis dan gurih sangat, msg? Who knows.

Untuk kelas batagor mahal masih di pegang oleh batagor Riri di Burangrang dan Batagor Kingsley di Veteran.  Harga per piece nya adalah 9 ribu rupiah.  Batagor batagor ini digadang gadang sebagau batagor yang memakai ikan tenggiri asli.  Teksturnya lembut, acinya berasa banget ikan tenggirinya. Tapi kalo makan cuma seporsi gak kenyang bow, secara ukurannya gak gede gede amat.  Selain dua batagor tersebut ada juga batagor Burangrang, nah kalo yang ini ukuran nya agak lebih besar dan harga per piece nya adalah 8 ribu rupiah.

Batagor yang baru saja saya makan tadi adalah batagor di sekitaran jl. Karang Anyar, biasanya saya suka request gorengin aci nya saja, walaupun sausnya memakai maizena tapi tetep cocok di lidah saya.  Masih banyak sih batagor batagor lainnya, tapi saya mulai lupa rasa dan tempatnya karena 3 tahun belakangan ini langganan saya adalah batagor Yunus :).

Published with Blogger-droid v2.0.10

0 comments:

Post a Comment