Monday 25 December 2017

Tidak hanya barang bekas yang dapat di daur ulang menjadi barang baru namun makanan pun bisa asalkan masih layak makan.

Salah satu bahan makanan yang paling sering didaur ulang adalah nasi. Selain dapat diolah kembali menjadi nasi goreng, nasi sisa kemarin dapat pula diolah menjadi mpek-mpek, gendar, lontong maupun bubur.

Sarapan pagi ini, saya membuat bubur ayam. Nasi sisa kemarin yang lumayan masih banyak dimasukan ke dalam panci presto, ditambah air secukupnya, daun salam dan garam. Proses selama 5 menit setelah bunyi desis.

Selain buburnya, toppingnya pun sisa-sisa kejayaan. Ayamnya dari olahan ayam suwir, kacang kedelainya sisa membuat soto bandung, cakuenya dari sisa camilan malam tadi dan bintang tamunya adalah emping oleh-oleh seorang teman yang baru pulang dari Serang. Penggunaan emping ini terinspirasi dari bubur Pak Zaenal Simpang yang beberapa waktu lalu saya sambangi.

Semua bahan makanan tersebut bersatu dalam mangkok ditemani dengan kerupuk sumber sari, daun bawang, seledri, bawang goren

g, kecap manis, kecap asin, merica dan sambal. Berhubung tadi saya memasak sayur sop maka saya tambahkan kuahnya ke dalam mangkuk saji demi cita rasa yang berbeda.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment