Monday 20 November 2017


Telur adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada di dapur. Betapa tidak, telur dapat menyelamatkan perut kosong keroncongan tanpa harus mengeluarkan banyak usaha. Cukup dengan menceplok atau mendadar telur, nasi hangat satu bakul dengan sukarela akan menemani perjalanannya dari mulut sampai ke lambung.

Telur dadar adalah olahan telur yang mudah sekali dibuat. Rasanya yang gurih berpadu dengan filling atau topping dari bahan lainnya memberikan sensasi berbeda dibanding hanya diceplok saja.

Telur dadar dikenal juga dengan sebutan omelet. Kabarnya kepopuleran omelet dipicu oleh Napoleon Bonaparte. Dikisahkan, sang panglima perang tengah melakukan perjalanan bersama pasukannya melintas di sebuah daerah bernama Bessieres, Perancis Selatan. Ketika perutnya keroncongan, sang jendral pun memesan makanan kepada koki setempat yang ternyata adalah omelet. Olahan omelet sang koki ternyata sangat disukai Bonaparte, lalu esoknya ia memesan omelet untuk pasukannya. Dari situlah olahan omelet berkembang sedemikian rupa hingga kini. Omelet asal Perancis diketahui sebagai omelet yang agak sulit dibuat karena semua bahan harus diperhitungkan dengan sempurna. Wajan yang digunakannya pun harus wajan khusus. Penggunaan clarified butter yang lebih banyak dari telurnya membuat adonan omelet tidak lengket dan cepat matang. Selain dibumbui dengan garam dan lada, omelet Perancis kerap dibubuhi banyak rempah-rempah.seperti
tarragon, chervil, seledri, kucai serta bawang bombay.

Tak hanya Perancis yang mengenal omelet namun banyak negara di dunia memiliki olahan omelet dengan ciri khas masing-masing.

Di Philipina, omelet dikenal dengan sebutan Torta. Omelet ini biasanya berisi sayur, daging, kismis hingga makanan sisa kemarin. Sedangkan di China, omelet dikenal dengan nama Fuyunghai yang biasanya berisi sayuran, suwiran ayam, udang atau kepiting. Lain lagi dengan di Korea, omelet negerinya Jang Geun Suk itu bernama Pajeon. Di dalam sebuah Pajeon terdapat tepung beras, tepung terigu,.daging sapi dan kimchi.

Tamagoyaki adalah omelet asal negeri sakura, Jepang. Tamagoyaki biasanya berisi potongan wortel dan daging ayam. Akan halnya di India, olahan telur dadar ini disebut masala, ya karena di dalamnya menggunakan bumbu yang bernama garam masala.

Di Austria dan Jerman, omelet yang mereka punya disebut Bauernomelette. Sedangkan di Negara Menara Miring Pisa, Itali, olahan telur yang berisi pasta, keju dan sayuran itu disebut Frittata. Bagaimana dengan Inggris? Negerinya Ratu Elizabeth itu memiliki olahan telur dadar yang tenar bernama Omelet Arnold Bennet. Omelet ini terdiri dari telur yang diampur dengan ikan haddock asap, keju gruyere dan saus hollandaise.

Nah, di Spanyol terdapat pula olahan omelet yang dinamai dengan Tortilla de Patatas. Ya, patatas, karena didalam omelet Spanyol ini terdapat irisan kentang yang digoreng. Biasanya, omelet spanyol ini dibubuhi daging asap namun kali ini saya tak menggunakannya.

Bahan :
5 butir telur ayam
1-2 buah kentang ukuran sedang, iris bulat atau dadu lalu goreng
1 batang daun bawang, iris. Atau paprika bila suka.
1 buah bawang bombay, iris tipis
2 sdm krim atau susu full cream
Garam dan merica secukupnya.
1 sdm margarin.

Cara membuatnya :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai harum, masukan kentang goreng dan daun bawang, aduk sebentar, angkat. Campurkan tumisan dengan telur yang telah dikocok dan susu full cream bubuhi garam dan merica. Dadar di wajan teflon sampai matang.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment