Friday 13 May 2016


Tersebutlah seorang pedagang odading dengan tagline "Jalma Eling dahar na Odading". Saya sering bertemu dengan si mamang ini yang selalu membuat orang lain tersenyum karena humor humor nya.
Pasangan odading adalah cakwe. Bila odading berbentuk kotak dan rasanya manis, maka cakwe adalah kebalikannya. Dulu saya sering terbalik balik dengan dua makanan ini, cakwe di sangka odading dan sebaliknya.

Cakwe ini ukurannya bervariasi. Ada yang jumbo sekali seperti cakwe medan yang kerap saya beli di sumber sari, dan ada juga yang mini mini seksi seperti yang dijajakan mamang mamang di sekolahan SD.

Nah, hari ini iseng iseng bikin cakwe KW 10. Adonan cakwe biasanya membutuhkan amonia sebagai salah satu bahan yang dibutuhkan. Karena gak ada dan rada rada getek gitu denger amonia, maka dicarilah resep yang non amonia. Banyak resep cakwe membutuhkan terigu protein tinggi, sedangkan resep yang saya buat ini memakai tepung protein sedang. Sebagai tambahan iseng, saya masukan parutan keju di dalamnya. Jaman sekarang kan segala gala di cemplungin keju, susu aja ada yang rasanya keju, hidup keju.

Proofing nya lamaa banget, 2 jam. Bisa di sambi setrika dan bobo manis sebentar.
Dan hasil akhirnya hahah gak berbentuk cakwe sama sekali, gak empuk, tapi enak lah buat camilan sore hari di temani dengan saus pedas yang juga KW an.

Bahan :
Biang kerok :
1 sdm terigu
1 sdm ragi instant
1 sdt gula
4 sdm air hangat
Aduk rata diamkan 10 menit.

Adonan :
250 gr terigu
2 sdt bawang putih bubuk
25 gr keju parut
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
1 sdt kaldu bubuk (optional)
1 sdt garam
1 sdm minyak sayur
Air secukupnya

Cara membuat :
Campur terigu, bawang putih, kaldu bubuk, garam, keju parut, soda kue, baking powder, aduk rata. Tuang si biang kerok plus minyak, beli air sedikit demi sedikit lalu uleni sampai kalis elastis. Istirahatkan 2 jam. Goreng di minyak panas nan banyak sampai kuning kecoklatan.

0 comments:

Post a Comment