Sunday 16 November 2014

Ayam goreng tepung nan krispi atau yang lebih di kenal dengan fried chicken adalah salah satu olahan ayam yang sangat famous (ceuk upin ipin mah). Resep nya sendiri berasal dari Afrika barat lalu berkembang di Amerika karena peran para imigran Afrika Barat tersebut yang ubrug ubrugan mencari dunia baru.

Kolonel Sanders adalah salah seorang pelopor resto siap saji bernama Kentucky Fried Chicken, yang salah satu menunya adalah si ayam goreng krispi dengan 11 bumbu rahasianya itu, yang gak boleh di beja beja karena kalo beja beja jadi bukan rahasia lagi.

Nah, beberapa tahun kebelakang ini, gak hanya resto siap saji yang eksis dengan perayam an ini, tapi gerai gerai kecil di pinggir jalan pun mulai ramai menjual ayam goreng ini, dari yang harganya 3500 sampai 9000 an per potongnya. Merk nya gak jauh jauh dari nama kota di Amrik sana, Dallas, Chicago asal jangan Chingogo weh yah, terus San Fransisco dan kawan kawannya.

Beberapa waktu yang lalu, kebetulan dapet resep ayam goreng tepung krispi dari grup sebelah, dengan tekat bulat sebulat cilok, mulai singsingkan lengan baju, pasang apron dan nyebur dalam kubangan resep ayam yang terkenal itu.

Ini dia resepnya ....

Bahan :
1/2 kg Ayam potong sesuai selera, iris iris permukaan nya, gak usah dalem dalem da bukan sumur.
6 siung bawang putih, yang lokalan aja lebih wangi.
1/2 sdt merica
Garam
Penyedap *bila suka

Pelapis kering :
1/2 kg Terigu
1 sdt merica
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
Garam
Penyedap *bila suka

Pelapis basah :
Ambil 3 sdm pelapis kering, tambahkan air secukupnya, jangan terlalu encer.

Cara memasak :
Campurkan bawang putih, merica, garam yang telah di haluskan, campurkan dengan ayam, diamkan selama 1/2 jam.

Campurkan semua bahan pelapis kering, aduk rata.

Masukan ayam satu persatu ke pelapis kering, tekan tekan sampai terbalut merata, masuk kan ke pelapis basah, masuk kan kembali ke pelapis kering, tekan tekan dan remas remas gemas sampai tepung menempel erat, angkat lalu goyangkan kanan kiri atas bawah agar menghasilkan tekstur yang di cita citakan.

Goreng di minyak yang banyak dengan api kecil agar ayam nya
matang sampai ke dalam.

Maka jadilah Cicukang Fried Chicken .. pok ..pok .. petok.






posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment