Friday 16 March 2018

Bila di umpamakan dewa atau dewi ikan sarden kalengan dapat dikatakan sebagai dewi Athena. Mengapa demikian? Dalam mitologi Yunani Athena merupakan dewi kebijaksanaan, perang, seni dan kerajinan tangan. Dan ternyata dalam sekaleng ikan sarden terdapat sebuah kebijaksanaan "gak usah masak yang ribet-ribet kalau sedang tak berkenan", selain itu barisan ikan sarden dapat memerangi rasa lapar tanpa harus menggunakan banyak senjata perang seperti presto, serta segenap jajaran panci yang bergelantungan ala Tarzan, dan lebih asyiknya lagi bahwa kaleng bekas pakainya dapat digunakan sebagai kerajinan tangan yang bernilai seni walaupun gak setinggi seni dari lukisan karya Leonardo Da Vinci. See?

Satu hal yang rada malesin dari sekaleng ikan sarden adalah ritual membuka kalengnya karena membutuhkan perjuangan yang maha tinggi. Pernah terbesit dalam hati mau pinjem Mjolnir milik kakanda Thor tapi masih dipakai buat memerangi Hela yang bukan rotane rotane tifa jawa
Jawae bebunyi. Mau minta tolong tim Expendables-nya Opa Sly tapi keburu munek sama Antonio Banderas yang ceriwisnya ngalah-ngalahin host-nya Brownies. Akhirnya ya harus maju sendiri, dengan mengkloning kekuatan Ade Rai yaitu mendayagunakan otot bisep dan trisep sedemikian rupa sampai kaleng ikan sarden menganga.

Namun berbahagialah saya karena kini ada beberapa merk ikan sarden kalengan yang telah memiliki desain ramah emak-emak yang dengan sekali cabut, sang kaleng pun terbuka lebar bagai mulut kuda nil yang sedang kepanasan di kebun binatang.

Ikan sarden kalengan sebenarnya telah matang dan terbalut bumbu dari sononya, namun saya selalu menambahkan bumbu-bumbu lain ketika memasaknya kembali agar cita rasanya sesuai dengan keinginan.

Nah untuk kali ini saya mengolah ikan sarden kalengan tidak seperti biasanya. Ibarat motor, ikan sarden kalengan pun dapat dipareasi dan rasanya bisa dipertanggungjawabkan.

Bahan :
1 kaleng ikan sarden ukuran besar, pisahkan ikan dengan sausnya
1 butir telur kocok lepas
100 gr tepung terigu
2 buah kentang potong, goreng
Minyak goreng

Bumbu :
4 buah cabai hijau keriting/besar, iris
4 buah cabai merah keriting/besar, iris
1 batang daun bawang, iris
1 batang serai
1 buah bawang Bombay, iris
2 siung bawang putih, iris
Garam, gula, merica secukupnya

Cara membuat :
Gulingkan ikan sarden di kocokan telur lalu ke tepung terogu. Goreng hingga kering, sisihkan.
Tumis bebawangan hingga harum, masukam cecabaian, daun bawang, dan serai. Tuang saus sarden, masukan tomat, beri garam, gula dan merica. Aduk rata hingga harum.
Sajikan ikan sarden dengan saus.



posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment