Thursday 28 September 2017

Di pasar ada sebuah lapak tahu cibuntu yang tak pernah sepi. Setiap hari bertong-tong tahu habis tanpa sisa termasuk yang hancur tanpa rupa. Semua itu dikarenakan rasa tahu yang enak dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen ada di tingkat memuaskan. Emak-emak yang hobi nyerobot antrian dibuat bertekuk lutut oleh A Yadi sang pemilik lapak. Mau teriak sampai suara serak ala Ikang Fawzi minta didulukan tak akan digubris oleh si Aa ini, kecuali telah ada kesepakatan dengan pembeli yang lain sebelumnya.

Hampir setiap hari saya membeli tahu, karena makanan yang berasal dari biji kedelai ini dapat diolah dengan mudah menjadi berbagai makanan ketika tengah desperado.
Gak ada lauk larinya ke opor tahu, perkedel tahu, rolade tahu, tahu goreng sambel kecap, tahu penyet dan lain sebagainya. Gak ada camilan larinya ke tahu krispi, tahu tepung, tahu pletok, tahu aci dan tahu katsu atau bahasa kerennya tofu katsu. Ya, varian olahan tahu yang saya sebut paling terakhir itu adalah adaptasi dari olahan chicken katsu atau tori katsu, sebuah olahan makanan dari negerinya Ken Watanabe yang super duper ganteng itu #eh.

Katsu adalah olahan makanan yang terbuat dari fillet daging berbumbu yang diselimuti oleh tepung panko. Chicken Katsu merupakan salah satu variasi dari Katsurestu yang awalnya berbahan daging sapi.

Katsu sendiri termasuk ke dalam salah satu hidangan Yoshoku yang terinspirasi dari masakan Eropa disaat era restorasi Meiji tengah berlangsung di Jepang.

Ada beberapa jenis katsu yan g dikenal sampai sekarang, diantaranya adalah :
1. Tonkatsu yang berbahan dasar daging babi.
2. Menchi-katsu yang terbuat dari daging cacah.
3. Gyu-katsu yang terbuat dari daging sapi.

Nah, tidak mau ketinggalan dengan pengolah makanan anak-anak yang berinovasi membuat aci-katsu, maka saya pun bertekad membuat tahu katsu aka tofu katsu. Tofu katsu ini walau mudah dan cepat dalam proses pembuatannya, namun menghasilkan rasa yang akbar #Jodha kali akbar. Tekstur tahu yang lembut berkolaborasi dengan renyahnya tepung panko yang digoreng garing. Makanan ini paling enak disajikan hangat dengan cocolan saus sambal dan mayones.

Bahan :

5 buah tahu kuning
30 gr tepung bumbu serba guna
1 butir telur kocok lepas
50 gr tepung panko/breadcrumbs
Minyak goreng

Cara Membuat:
Sediakan tiga jenis mangkok.
Mangkok pertama diisi dengan tepung bumbu serbaguna.
Mangkok kedua diisi dengan telur kocok dan mangkok ketiga diisi dengan tepung panko.
Potong tahu secara horizontal dengan ketebalan sesuai selera. Celupkan mulai dari mangkok pertama hingga ketiga.
Goreng tahu dalam minyak panas hingga coklat keemasan.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment