Thursday 6 April 2017

Machete, Chicilo, Navajas, dan Razor, membaca deretan kata itu akan selalu membawa ingatan saya tertuju kepada aktor bertampang dingin dan penuh bopeng, Danny Trejo. Trejo merupakan salah satu aktor Hollywood yang telah membukukan lebih kurang 250 buah judul film di belantara perfilman dunia. Trejo adalah aktor berdarah Meksiko yang karena ke-Meksiko-Meksiko-an nya itu ia kerap bermain di film yang beraroma Meksiko, sebelas duabelas dengan Antonio Banderas dan Salma Hayek.

Berbicara tentang Meksiko, negara yang ibu kotanya tercatat sebagai salah satu yang terpadat di dunia itu ternyata memiliki olahan makanan khas yang telah mendunia. Sebut saja, Burritos, Nachos, Tacos, Enchilada dan saus alpukat nan tenar, Guacamole.

Nah, salah satu olahan asal Meksiko yang juga kerap sliweran di dunia perkulineran mancanegara adalah Burracho Bean. Olahan sejenis sup ini pun kerap di temui di salah satu Negara bagian Amerika Serikat, Texas. Tak salah kiranya bila Burracho Bean ini kerap di sebut dengan olahan masakan Tex-Mex.
Dan tak salah juga kiranya bila hidangan ini dapat kita temui di salah satu restoran siap saji lisensian Amrik sana, Texas Chicken, yang tentu saja rasa dan bahannya disesuaikan dengan lidah orang indonesia.


Dalam resep aslinya banyak sekali bahan yang digunakan, salah satunya adalah cabai khas Meksiko, Jalapeno. Selain air kaldu, mereka pun membubuhkan anggur hitam kedalamnya.

Untuk olahan Burracho Bean kali ini, bahan-bahan yang digunakan sederhana saja.

Bahan :
250 gr kacang merah, rebus. (presto)
150 gr ayam fillet, potong dadu
1 buah paprika hijau, potong dadu
1 buah bawang bombay, potong dadu
2 siung bawang putih, geprek, cacah
1 batang seledri, iris
2 sdm tepung maizena, larutan dalam satu gelas air
1300 ml air kaldu, bisa diganti dengan air ditambah kaldu blok/bubuk
Garam, Gula, dan Merica secukupnya.
1 sdm margarin atau butter.
1 buah tomat, potong dadu (optional)

Cara membuatnya:
Panaskan margarin atau butter. Masukan bawang Bombay, tumis hingga layu, masukan bawang putih, tumis hingga wangi. Masukan dagung ayam, aduk rata, Masukan kacang merah dan paprika, aduk lagi. Tuang air kaldu, beri garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih. Tuang larutan maizena, aduk rata, taburi irisan seledri. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan hangat.

posted from Bloggeroid

0 comments:

Post a Comment