Thursday 24 January 2013

Malam ini sedang mengidamkan semangkok bubur kacang hijau campur ketan hitam, membuat saya teringat kepada bapak penjual burcang jaman saya kecil dulu.  Menurut saya rasa burcang dia tu belum ada yang ngalahin sampai tulisan ini dibuat.  Kacang hijaunya pilihan, ketan hitamnya wangi banget, manisnya, asli gula pasir lokal dari tebu keturunan baik, santan kentalnya terasa gurih dengan sentuhan sedikit garam dan untuk menyempurnakan aromanya, beliau selalu membubuhi beberapa helai daun pandan baik di buburnya maupun di santannya. Disajikan hangat dalam mangkok keramik berukuran kecil dengan sendok bebek sebagai pelengkapnya membuat sajian burcangtem si bapak berkumis itu lebih berasa istimewa. Satu kata yang bisa mewakili burcangtem nya bapak yang sekarang sudah almarhum itu yaitu SEMPURNA (cegluk).

Burcang bisa dikategorikan sebagai makanan pembuka ataupun penutup, suka suka yang makannya aja deh, mau dimakan sebelum main course boleh, setelah main course juga silahkan, atau bahkan barengan sama main course ya gak ada yang ngelarang, gak ada undang undangnya koq, jadi gak akan ada yang menuntut kamu atas pencemaran nama baik burcang bila dimakan bareng sama main course, at least belum ada yang berkeinginan mengajukan pembuatan undang undangnya :D

Entah sudah berapa banyak tipe burcang yang saya cicipi dari beberapa pembuat burcang kawakan tapi tetep aja gak ada yang sehipster rasa burcang si bapak almarhum tadi.
Ada beberapa yang saya ingat rasanya karena bener bener jauh dari enak, walaupun kalo kata bis kota sih jauh dekat ongkosnya sama, tapi kalo menyangkut burcang jauh dekat rasanya gak sama.
Yang pertama adalah burcang di tempat saya kos dulu, begitu liat performance nya dalam hati saya bilang “ini burcang atau kumpulan kacang ijo berenang di air keruh ckckck“ .  Burcang ini jaaaaauuuh dari enak, sama sekali gak maknyus (pinjem bahasa pak Bondan).  Nih bayangin deh,   tersebutlah sebuah mangkok plastik merah, didalemnya ada sekelompok kacang hijau yang masih berbentuk butiran, mentah segan mateng gak mau, kuahnya ya air kacang ijo itu lalu di cipratin lah sama susu kental manis secuprit karena yang jualnya kikir susu atau mungkin belibet sama stok susu buat anaknya di rumah.  Sebagai pelengkap yang aneh dibubuhi lah dengan beberapa potong roti tawar KW 5.  MANTAP gak tuh !!!

Yang kedua adalah burcang madura yang sekarang banyak bertebaran di Bandung, hampir di setiap pojokan ada aja yang pasang tenda dengan tema bubur kacang madura ini.  Burcangnya sih lumayan lah ya, yang bikin ilfil tu adalah ketan itemnya yang berupa gumpalan ketan menggunung diantara kacang hijau yang sudah lumayan oke.  Ya,mungkin gak salah juga ya secara disebutnya ketan item bukan bubur ketan item, tapi tetep kata kalimat itu gak bisa merayu saya untuk kembali membeli jenis burcang yang satu itu, ogaaaah, period.

Yang terakhir adalah burcang yang pemanisnya pake gula bibit atau gula sakarin, dan berlebihan pulak pemakaiannya, bener bener gak enak jadinya, terlalu manis untuk di lupakan sih slank punya lagu, lha ini saya kasih tagline deh dengan sukarela yaitu “terlalu manis, waktunya di lupakan“.  Ibarat MSG, sakarin ini kalo kebanyakan suka bikin puyeng kepala saya.

Karena kasus burcang yang sungguh menghororkan itu, maka saya cuma punya satu langganan penjual burcang yang menurut saya bisa diterima dengan lidah konservatif saya, gak terlalu manis, kekentalan burcangtemnya cocok,santan nya pas, tapi tetep aja gak bisa ngalahin burcangtem si bapak idola saya dulu. Ya, at least masih ada yang diandalkan deh kalo rasa kangen itu muncul walaupun kadang sang penjualnya susah di temuin, musti muter muter dulu di kompleks orang sambil jelalatan, sukur sukur gak disangka lagi ngecek parameter buat maling besoknya hehe.  Dan apesnya tu penjual burcang sering gak jualan huaaaah.

Pada akhirnya saya sering buat sendiri burcang pake panci presto, seharusnya sih pake slow cooker tapi apa daya belum kesampaian beli alat yang satu itu.  Yaa tapi lumayan lah ya, kalo bikin sendiri tu lebih terjaga kualitasnya dan lebih sehat tentunya walau teksturnya gak bisa memuaskan kerinduan saya terhadap penjual burcang di luar sana  :))

#salam burcang

Published with Blogger-droid v2.0.10

0 comments:

Post a Comment