Tuesday 31 January 2012

Sambil melepas lelah setelah ngoprek dapur, saatnya bersantay santay dulu dengan segenggam kacang tanah rebus. 

Pagi sekali si abah tukang sayur dah nongol2 depan pintu pager, komoditas yg dibawa ga begitu banyak, but he knows that i really love kacang tanah, so dengan suara baritonnya *taelah serasa eddie vedder si abah* berteriak teriaklah si abah pasang pengumuman kalo dia bawa barang kesukaan.

Dengan harga sekilo 10rb, maka bertemulah sang kacang tanah dengan matenya si panci presto.  Cukup 20 menit plus tambahan garam, kacang tanah rebus sudah bisa dinikmati.  Empuk dan gurih, mmm .... yummiiii .... *kalo beli di tukang bajigur ga puas, dapetnya cuman dikit*

Sambil ngunyah2 para kacang, sempet brosing2 cari tau manfaatnya kacang, dann ternyata banyak banget manfaatnya loh.

Selain bisa dijadiin minyak goreng, keju, mentega, sabun, oncom, kacang juga bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein yg tinggi bahkan lebih tinggi dari daging, telur, soya. Mampu mencegah penyakit jantung, menurunkan hipertensi*nah ini cocok buat mbahku* juga bisa buat tambahan gizi yg punya penyakit diabetes.  Pernah baca juga bagus untuk diet.  Selain protein kacang tanah juga mengandung lemak, karbohidrat, vitamin A,B,C,D,E, dan K, juga mengandung omega 3 dan 9 yg bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu juga mengandung mineral2 yg baik untuk tubuh.  Tapi untuk penderita breast cancer sebaiknya kacang tanah dihindari.


Wow, ternyata banyak banget yaaa manfaat kacang tanah ini selain enak dijadikan kudapan di sore hari bersama secangkir teh manis hangat :))))


Published with Blogger-droid v2.0.4

0 comments:

Post a Comment