Friday 17 December 2010

Nampaknya para orangtua harus semakin waspada berkaitan dengan jajanan yang sering dikonsumsi oleh anak anak mengingat semakin maraknya penggunaan zat kimia berbahaya yang sering digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dalam campuran makanan yang dijualnya.

Adapun Zat kimia yang berbahaya itu diantaranya:

  • Melamin : berfungsi untukmenjadikan makanan terlihat bagus dan akan terlihat sebagai protein, yang dapat menyebabkan Gagal Ginjal dapat ditemukan di produk susu.
  • Formalin : berfungsi untuk mengawetkan makanan.  Dapat menyebabkan kanker, kerusakan sistem saluran pernafasan.  Bila terkena kulit, menimbulkan perubahan warna, kulit menjadi merah, mengeras, mati rasa dan terasa terbakar.
  • Boraks : bergungsi membuat tekstur makanan menjadi kenyal dan renyah.  Memiliki efek toksik, muntah dan diare, gangguan pencernaan, nafsu makan menurun, anemia, rambut rontok dan kanker.  Bisa didapati di Bakso, mi basah dan kerupuk.
  • Aspartam : berfunsi sebagai pemanis yang dapat memmicu kanker dan leukimia.  Terdapat pada minuman ringan, permen karet bebas gula dan multivitamin.
  • Rodhamin B dan Methanil Yellow : berfungsi sebagai pewarna makanan, dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati.  Terdapat pada Mie, Kerupuk, dan jajanan lain yang berwarna kuning, mencolok dan berpendar.
 sumber : Badan POM direktorat perlindungan konsumen, Dep. perdagangan RI 2010
               MI 2010

0 comments:

Post a Comment